Lima Tips Agar Anak Kuat Puasa

Amalan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan
Amalan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan
0 Komentar

Walaupun anak-anak yang belum akil balig belum diwajibkan untuk berpuasa, tapi banyak orangtua yang sudah mulai mengajarkan anak untuk berpuasa sejak kecil. Tujuannya adalah supaya saat Si Kecil sudah tumbuh dewasa, ia dapat menjalankan puasa dengan baik. Jika Si Kecil sudah ikut berpuasa di Ramadan kali ini, ibu perlu menjaga kesehatan anak agar ia bisa menjalani puasa dengan baik. Dikutip dari halodoc.com, bagaimana supaya anak kuat menjalani puasa? Simak tipsnya berikut ini :

1. Pastikan Kebutuhan Nutrisi Anak Terpenuhi

Dibanding orang dewasa, anak lebih mudah lemas saat menjalani puasa. Itulah mengapa orangtua dianjurkan untuk memenuhi asupan nutrisi anak secara optimal, agar Si Kecil bisa tetap semangat beraktivitas. Pastikan kebutuhan kalori harian anak terpenuhi melalui makanan saat sahur dan berbuka puasa. Khusus untuk anak berusia 7 tahun, jumlah kalori yang dibutuhkannya adalah sekitar 1.200-1.600, tergantung aktivitas dan jenis kegiatannya.
Berikan anak banyak buah-buahan dan sayur-sayuran yang bisa meningkatkan imunitas tubuhnya agar lebih kuat menjalani puasa setiap hari. Ibu juga bisa memberikan anak suplemen multivitamin untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian anak.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan Anak

Tidak minum selama belasan jam bisa membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, jaga kesehatan anak saat puasa dengan memenuhi kebutuhan cairannya setiap hari. Ini bisa ibu lakukan dengan memberi Si Kecil minum minimal 2 gelas air putih setelah berbuka puasa dan sebelum tidur, serta 2 gelas lagi saat sahur. Ibu juga bisa menyajikan menu makanan berkuah seperti sup untuk menambah asupan cairannya. Ada baiknya sebagai tambahan asupan cairan, ibu memberikan buah-buahan sebagai snack. Jangan berikan makanan keripik atau minuman soda, ini malah bisa buat anak cepat haus dan dehidrasi.

3. Batasi Anak Makan Sembarangan

Baca Juga:Disparbud Kabupaten Karawang Butuh Bantuan Infrastruktur untuk WisataPPDI Awasi Kades Terpilih Agar Tidak Ganti Perangkat Desa

Saat bulan puasa, berbagai macam hidangan enak dan lezat bermunculan menggugah selera. Pastikan Si Kecil tidak mengkonsumsi makanan pedas dan terlalu berlemak karena kedua hal tersebut bisa membuat anak sakit maag (gastritis). Batasi juga Si Kecil dari mengonsumsi makanan yang terlalu asin dan mengandung penyedap rasa yang tinggi, karena dapat meningkatkan rasa haus. Hindari juga makanan cepat saji, goreng-gorengan, dan yang terbuat dari tepung olahan.

0 Komentar