Pendidikan yang Memerdekakan

Pendidikan yang Memerdekakan
0 Komentar

Semoga dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei tahun 2021 ini, kita semua menyadari bahwa pandemi bukanlah sebuah halangan dalam proses pembelajaran. Era revolusi industri 4.0 dengan peranan internet serta sumber daya digital yang menyediakan berbagai sumber belajar semakin membuat tujuan merdeka belajar lebih cepat terealisasi.

Benar, bahwa peran guru tak tergantikan dalam meniupkan ruh ke dalam jiwa para pelajar kita. Namun bukan berarti pembelajaran saat pandemi tidak bisa menghadirkan ruh. Dengan berbagai platform yang ada, guru tetap bisa memberikan apa yang dimiliki. Walau dalam jaring, guru tetap bisa mentransfer nilai-nilai kehidupan kepada mereka,  agar di tengah keterbatasan sarana dan prasarana, kebosanan yang melanda,  guru menjadi sosok yang mampu membangkitkan  semangat jiwa-jiwa muda yang sedang merekah, menjaga tunas-tunas yang akan tumbuh dari ilalang-ilalang liar yang dan hama-hama perusak masa depan mereka.

Di tangan kita, para guru, apapun kondisinya, bagaimanapun model pembelajarannya, tugas kita teramat mulia, yakni membuat pendidikan menjadi proses yang membangkitkan potensi besar ada di hadapan kita. Potensi manusia yang merdeka, yang kelak akan menjadikan bangsa ini juga merdeka, tidak hanya secara konstistusi namun juga secara nyata. Mari kita bergerak bersama, mewujudkan merdeka belajar!

Selamat Hari Pendidikan Nasional

0 Komentar