oleh

Usulkan 399 Narapidana Dapat Remisi

SUBANG-Menjelang Idul Fitri 1442 H, Lembaga Pemasyarakatan mengusulkan 399 narapidan mendapatkan remisi. Usulan tersebut disampaikan kepada Dirjen PAS Kemenkumham.

Kepala Lapas Kelas II A Subang melalui Kepala Seksi Bina Didik Lapas Kelas II A Subang Machda L mengatakan, menjelang hari raya Idul Fitri Lapas Subang sudah mengusulkan sebanyak 399 untuk mendapatkan remisi.

“Kita usulkan sebanyak 399 warga binaan mendapatkan remisi,” ungkapnya kepada Pasundan Ekspres, Kamis (6/5).

Machda menjelaskan, remisi yang diusulkan bervariasi mulai dari 15 hingga 60 hari dan bahkan ada juga yang bebas. Lapas Subang mengusulkan 7 narapidana atau warga binaan untuk bebas. Terdiri dari 5 orang narapidana kasus narkotika dan 2 orang pidana umum.

“Tentunya jika ada subsidair, narapidana tersebut harus membayar denda. Jika tidak harus menjalani subsidair penahanannya dan putusan remisi nanti dibacakaan pada saat hari Idul Fitri 2021 tiba,” bebernya.

Dia menyampaikan, usulan remisi tersebut menindaklanjuti surat Direktorat Jenderal Pemasyarkatan Kementerian hukum dan HAM RI Nomor : PAS,PK.01.05.05-317 tanggal 29 Maret 2012 perihal Pelaksanaan Pemberian Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021 kepada narapidana.

“Kita hanya mengusulkan saja putusannya dari pusat,” katanya.

Selain itu, Lapas Subang memberlakukan layanan besuk selama lima hari dalam perayaan hari raya Idul Fitri 2021. Meski begitu, protokol kesehatan tetap dilakukan.

Lapas menyediakan tenda khusus untuk melayani keluarga yang membesuk. Petugas juga akan menggunakan pakaian Alat Pelindung Diri (APD).

Lapas juga menyediakan layar untuk memfasilitasi pertemuan secara virtual antara narapidan dengan keluarga.

“Tidak akan bertatap muka, ini dilakukan agar mengantipasi penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Salah satu warga binaan di Lapas Subang Asep mengaku rindu sekali dengan keluarga di rumah. Dia ingin segera menghirup udara bebas.dengan rumah, dan ingin segera menghirup udara bebas “Dulu mencuri motor, saya kapok. Pengen segera keluar dari sini, mana sebentar lagi lebaran,” katanya.(ygo/ysp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *