oleh

Ibu-Ibu Wajib Coba!!! Aneka Resep Menu Lebaran Idul Fitri yang Praktis tapi Elegan

Ibu-Ibu Wajib Coba!!! Aneka Resep Menu Lebaran Idul Fitri yang Praktis tapi Elegan

Aneka resep menu lebaran idul fitri 2021 ini disajikan praktis tapi tetap terlihat menjadi makanan mewah dan elegan sebagai sajian menu lebaran sederhana tapi mewah untuk idul fitri tahun ini.

Aneka resep menu lebaran idul fitri 2021 tentu beragam adanya, tetapi salah satu daftar menu lebaran idul fitri yang terus melegenda adalah sajiab berkuah dan biasanya dipaduan dengan daging, ayam atau pun daging sapi serta daging kambing. Selain itu, sajian opor, rendang serta sayur ketupan yang disajikan dengan sambal, bawang goreng, serta kerupuk, menambah ragam aneka resep menu lebaran idul fitri.

Pada hari lebaran idul fitri tentu hampir semua keluarga berkumpul dan menyatu di dalam suatu wilayah rumah, walaupun pada tahun ini tidak boleh mudik seperti tahun sebelumnya, namun Aneka resep menu lebaran idul fitri tetap harus disiapkan, siapa tau tetangga dan sanak saudara dekat datang bersilaturrahim, hingga kita sudah siap menyuguhkan sajian terbaik yang dipilih dari ragam menu untuk lebaran idul fitri.

Aneka Resep Menu Lebaran Idul Fitri yang Praktis tapi Elegan

1). Sup Iga Sapi

Lentil soup with mixed ingredients and herbs in a white bowl with a spoon. Free Photo

Sup Iga sapi, dengan kuah perpaduan kaldu yang gurih, tentu menjadi salah satu menu lebaran sederhana tapi mewah dan juga menu lebaran modern sehat tanpa santan.

2). Gulai Ayam

Chicken red curry in a bowl with dried chilies, basil, cucumber and long beans Free Photo

Gulai sebagai makanan khas Minang ini, juga menjadi salah satu rekomendasi untuk disajikan sebagai menu makan lebaran idul fitri 2021 tahun ini.

Pilihan jenis Ayam muda atau pun Ayam kampung yang dipadukan dengan bumbu-bumbu asli Indonesia yang tentu akan menjadi saljian idul fitri yang nikmat dna lezat disantap bersama keluarga.

3). Rendang

Woman eating barbecue outdoors Free Photo

Rendang adalah salah satu makanan terkenak di dunia, katanya begitu. Makana yang juga disebut khas Minang ini tentu saja menggugah selera disajikan kapanpun. Terlebih lagi pada lebaran idul fitri tahun ini, Tentu sajian rendang akan sangat menawan disajikan.

Rendang tentu terlebih dahulu dimasak terlebih dahulu sampai 7 jam, apabila dicampur dengan santan, lalu dagingnya pun dapat diolah dengan berbagai macam rempah (bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, lengkuas, kemiri dan cengkeh). Tentu sudah terbayang rasa gurih dan nikmatnya Rendang sajian idul fitri.

4). Opor Ayam

Thai coconut milk braised chicken with baby potatoes Premium Photo

Opor yang merupakan masakan lebaran idul fitri yang juga legendaris, tidak sepantasnya dilupakan dalam menu sajian idul fitri tahun ini. Opor ayam dengan kuah kental putih kekuningan yang tentu saja paling enak jika ayamnya adalah ayam kampung.

Sebab tekstur ayam kampung empuk apalagi jika dimasak lebih lama. Dan penyajiannya nanti dengan Ketupat Lebaran tabur bawang goreng, lezat sekali rasanya menu lebaran idul fitri yang satu ini.

5). Semur Daging 

Bowl of homemade stew close-up Free Photo

Semur yang merupakan  hidangan daging rebu dan biasanya diolah  dengan kuah coklat pekat yang tenteu saja terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombay, serta pala dan cengkih.

Resep Semur Daging 

Bahan-bahan Semur Daging:

• 300 gr daging sapi, potong sesuai selera

• Tomat

• 4 siung bawang merah iris

• Air secukupnya

• 3 butir telur

• Kecap manis

• Penyedap rasa

Bumbu halus:

• 5 siung bawang putih

• Gula merah, garam, merica secukupnya

• 2 butir kemiri

• 1 sdm bawang goreng

• 1/2 sdt pala bubuk

Cara Membuat Semur Daging:sup iga sapi

1. Campur bumbu halus dengan kecap, aduk dan campurkan ke potongan daging. Diamkan kurang lebih 15 menit.

2. Tumis bawang merah sampai harum, kemudian masukkan daging dan  bumbu, lalu aduk sampai warna berubah

3.Masukkan telur, air, kecap manis serta penyedap rasa. Kemudian Aduk dan diamkan hingga terlihat daging empuk dan air pn menyusut.

4.  Angkat dan sajikan dengan ditaburi bawang goreng agar enak dilihat dan lezat dimakan. (Re/JUNI) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.