Pemkab Subang Anggarkan Rp3 Miliar untuk Angkut Sampah

Pemkab Subang Anggarkan Rp3 Miliar untuk Angkut Sampah
INDRAWAN SETIADI/PASUNDAN EKSPRES MENINJAU: Bupati Subang H Ruhimat saat meninjau TPA Jalupang.
0 Komentar

SUBANG-Sejak Minggu (30/5) jagat media sosial dibuat heboh dengan urusan darurat sampah di Kabupaten Subang. Diawali dengan aksi mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang mengangkut sampah di beberapa TPS di sekitar Subang Kota, hingga sidak Bupati Subang ke kantor Dinas Lingkungan Hidup esok harinya, Senin (31/5).

Dalam sekelumit peristiwa persampahan tersebut, ada yang menjadi pertanyaan banyak masyarakat baik di jagat media sosial maupun di non media sosial. Yakni tidak terlihatnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup, yang notabene sebagai dinas atau Organisasi Perangkat Daerah yang tuhas pokok dan fungsinya menangani soal sampah tersebut.

Misalnya saja, saat Bupati mengunjungi Kantor Dinas Lingkungan Hidup, di sana Bupati hanya bertemu Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah, Dito Sudrajat. Dito dalam kesempatan itu memaparkan kendala yang selama ini Dinas Lingkungan Hidup hadapi dalam urusan sampah, yakni kekurangan armada.

Baca Juga:Program Sambut Tahun Ajaran Baru, Gramedia Banjir DiskonAntisipasi Terowongan Amblas KCIC Buka Akses Jalan Baru

“Sementara ini Dinas Lingkungan Hidup hanya punya 45 unit armada. Yang beroprasi hanya 29 unit, 14 unit dalam status lelang, dan 2 unit dalam keadaan rusak berat,” lapor Dito pada Bupati.

Tak sampai di situ, Bupati bergegas ke TPS di area Cicadas, lagi-lagi batang hidung Kepala Dinas Lingkungan Hidup juga tak terlihat. Bupati hanya bertemu para pengendara aramada sampah yang hendak akan mengangkut sampah menuju TPA Jalupang.

Bahkan hingga Bupati sampai di TPA Jalupang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup tidak terlihat, kabar yang dipetoleh Pasundan Ekspres saat mengkonfirmasi dimana keberadaan Kepala Dinas Lingkungan Hidup. Salah satu staf Dinas Lingkungan Hidup yang tidak mau disebut namanya, menyebut jika Kepala Dinasnya sedang berada di Bandung. “Sedang di Bandung,” ungkapnya.

Tidak berhenti sampai situ, Pasundan Ekspres mencoba menghubungi secara langsung ke no telpon Kepala Dinas Lingkungan Hidup, namun tidak aktif. Padahal hanya angun mengkonfirmasi apa saja langkah kongkret Pemkab Subang, khususnya Dinas Lingkungan Hidup sebagai stakeholder barisan depan urusan sampah menanggulangi darurat sampah di Subang saat ini.

Rencana Pemda Tanggulangi Sampah

Tidak berhasil mendapati keterangan dari Dinas Lingkungan Hidup, akhirnya Pasundan Ekspres mendapati keterangan dari Kepala BP4D Subang, Harry Rubianto.

0 Komentar