BUMDes Cibodas Olah Sampah jadi Nilai Ekonomis

BUMDes Desa Cibodas Lembang
EKO SETIONO/PASUNDAN EKSPRES MEMILAH: Pegawai BUMDes Cibogo memilah dan mendaur ulang sampah rumah tangga menjadi memiliki nilai ekonomis.
0 Komentar

LEMBANG-Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Cibodas tingkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) melalui unit usaha pengelolaan sampah rumah tangga.

Ketua BUMDes Tatang Mulyana kepada Pasundan Ekspres menuturkan, unit pengelolaan sampah BUMDes bergerak mengelola sampah rumah tangga menjadi bernilai ekonomis. Setiap harinya sekitar empat mobil pick up terkumpul yang  diambil langsung petugas ke setiap ruamah. “Kami ada 10 orang pekerja khusus menangani sampah, sehingga Cibodas menjadi bersih,” ucapnya.

Menurut Cueng (sapaan akrabnya), setelah sampah terkumpul, sampah dipilah mana yang harus di buang dan mana yang akan diolah. “Untuk sampah organik kami olah menjadi kompos, kemudian untuk sampah plastik kami pilah lagi mana yang bisa didaur ulang mana yang akan dibuang, sampah kami buang ke tempat pembuangan sampah akhir Sarimukti,” ucapnya.

Baca Juga:Tuntut Kenaikan Upah dan Jaminan Kesehatan, THL Kebersihan di Karawang Ontrog DPRD100 Hari Kerja Cellica, Ajang: Biasa Saja

Sementara untuk kontribusi dari warga, dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per angkut. Untuk pendapatan lainnya BUMDes menjual sampah plastik.

Namun, BUMDes berencana untuk mengolah sampah plastik menjadi bijih plastik sehingga memiliki nilai jual tinggi. “Kedepannya kami akan mengolah sendiri sampah plastik menjadi bijih plastik, sehingga menjadi nilai ekonomis tinggi, namun kami terkendala dengan alat,” ucapnya.(eko/sep)

0 Komentar