oleh

Dinas Kelautan dan Perikanan Karawang Wujudkan Daerah Kampung Ikan

KARAWANG-Pemkab Karawang, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) mendapat bantuan tahun 2021 dan akan kembali mendapatkan bantuan milliaran rupiah dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI di tahun 2022. Hal tersebut bisa menjadi harapan baru dalam meningkatkan ekonomi di sektor perikanan.

“Alhamdulilah, sebelumnya kan kita sudah melakukan kerjasama dengan balai perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, yang menghasilkan sebuah kampung ikan, bernama kampung lele,” ujar Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karawang, Hanafi.

Hanafi menyampaikan, pengembangan konsep yang sama seperti kampung lele akan segera diciptakan, suport anggaran dari pusat sebesar milliaran rupiah akan diterima Pemkab pada tahun 2022.

“Ke depan kita akan bangun kampung Nila, serta pengembangan jenis ikan lainnya, sebesar sekitar satu milliar, nanti kita akan dapat bantuan dari Kementrian untuk pengembangan konsep itu,” katanya.

Untuk menciptakan konsep Kampung Nila, dijelaskan Hanafi diperlukan SDM yang memiliki sertifikasi pengembangan ikan, dan kebutuhan itu sudah Karawang miliki.

“Seperti kampung Lele, dipegang oleh SDM yang ahli dibidangnya, sudah memiliki sertifikat, kampung Nila juga harus memiliki SDM yang tersertifikasi dan semua itu sudah tersedia, tinggal kita tunggu bantuan pusat untuk realisasinya,” tandasnya.(use/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *