Jalan Sunyi Ating

Jalan Sunyi Ating
0 Komentar

Nining memang kader militan, saya pernah lihat koleksi foto Nining muda bersama Megawati. Dalam pertemuan rahasia di Subang sekitar tahun 1997. Konsolidasi internal di bawah tekanan Orde Baru. Kata Nining, foto jadul itu pertemuan konsolidasi cikal bakal lahirnya PDI ditambah ‘Perjuangan’. Bu Mega pun terlihat masih sangat muda.

“Eep Hidayat belum masuk PDIP, masih di partai lain,” kata Nining waktu itu. Sekitar tahun 2010 saat saya temui di rumahnya.

Tapi kini Nining kabarnya ‘menghilang’ entah ke mana. Kabar terbaru saya dengar, ada di Malaysia.

Baca Juga:BPJamsostek Subang Aktif Melakukan Sosialisasi KepesertaanHari Kedua, Giliran Keluarga Dekat Bupati dan Empat Pejabat yang Diperiksa KPK, Berikut Daftarnya

Ating, tidak demikian. Legowo. Mundur melepas kursi di DPRD Subang di tahun 2016. Setelah itu fokus sebagai Sekretaris DPC PDIP. “Ya biar saja, saya menerima penugasan dari partai. Kalau melawan bisa saja, tapi saya tidak mau begitu,” kata Ating saat ditanya sikap politiknya.

***

Tahun lalu saya mendatangi rumah Ating di Cikaum. Setelah ‘pensiun’ sebagai Plt Bupati Subang. Peristiwa melepas kursi DPRD juga dibahas. Begitulah jawabannya. Sederhana dan santun.

Hari-hari Ating menemani istrinya yang terbaring sakit. Rumahnya sederhana. Tidak banyak foto-foto dipajang. Misal foto dirinya saat dilantik jadi bupati. Tidak ada. Ating tampak senang saat dikunjugi.

“Bagaimana kabar di kota? Maaf, saya sudah lama tidak ke kota. Apalagi saat begini (pandemi). Istri juga lagi sakit, takut membawa virus,” katanya.

Di masa ‘pensiun’ Ating merasa lebih tenang. Sesekali ia pergi ke kebun dan bergaul dengan masyarakat. Seperti dulu lagi. Saat ia masih pengusaha dan pertama kali mengenal PDIP.

Saya pun penasaran, apa alasannya menjadi politisi. Padahal sudah jadi pengusaha.

“Waktu itu kami pengusaha, kok merasa ada ketidakadilan. Misal masalah pupuk, bibit dan hal lainnya. Pemerintah waktu itu tidak fair menurut saya. Saya berfikir, masuk ke partai bisa mendorong kebijakan untuk masyarakat,” katanya.

Baca Juga:Tidak Layak, Pemdes Bangun Bale MusyawarahBRI Raih Juara I & Juara Favorit Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional

Lalu Ating menapaki karir politik sejak tahun 1995. Mulai dari pengurus ranting hingga DPC. Mulai dari kader biasa, anggota DPRD hingga Plt Bupati. Bisa dibilang karir politik Ating sudah mencapai puncak. (simak kisah lengkapnya: https://www.youtube.com/watch?v=Kl51JMhu6XM&t=537s)

0 Komentar