Selamat Ulang Tahun ke – 60 Presiden Indonesia, Jokowi

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi Sebut Tiga Nama Hasil Musra Untuk Capres 2024
0 Komentar

Hari Senin, 21 Juni 2021 adalah hari ulang tahun Presiden Republik Indonesia saat ini yaitu Presiden Jokowi yang ke – 60.

Presiden Jokowi lahir pada tanggal 21 Juni 1961, dari pasangan Noto Miharjo dan Sudjatmi. Sebelum jadi Presiden Indonesia, Jokowi berprofesi sebagai pengusaha mabel.

Jokowi memulai karir di pemerintahan pada waktu memenangkan pemilihan umum daerah (Pilkada) Solo untuk menjadi Walikota Solo.

Baca Juga:Satu Unit Toko di Tanjungsing Kebakaran, Sebabnya Belum DiketahuiBambang Herdadi dilantik menjadi ketua PORTINA

Kemudian Jokowi memimpin Jakarta dengan menjadi Gubernur Jakarta, sejak tahun 2014, Jokowi menjadi Presiden Indonesia.

Presiden yang Bukan Berlatar Belakang Militer atau pun elite politik.

Pak Jokowi menjadi Presiden Indonesia pertama sepanjang sejarah abad ini yang bukan berasal dari latar belakang elite politik atau dan bukan berasal dari militer Indonesia.

Ir. H. Joko Widodo atau Jokowi adalah Presiden ke-7 Indonesia yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Terpilih dalam Pemilu Presiden 2014.

Pada tahun 2020 kemaren, hashtag #HBD59Jokowi merajai trending topic twitter dan berhasil ada di puncak trending Indonesia via sosial media twitter.

Lalu pada tahun 2019, Meskipun Jokowi bukan berlatar belakang militer dan bukan dari elite politik, tetapi ternyata Jokowi kembali terpilih menjadi Presiden RI setelah memenangi Pilpres di tahun 2019 yang lalu. Ada 9 partai yang mendukungnya untuk memenangi Pilpres 2019, yaitu Partai PDIP, Partai Golkar, PPP, Partai NasDem, PKB, PSI, Partai Perindo, Partai Hanura, dan serta PKPI.

Perjalanan Jokowi Sebelum Menjadi Presiden

Jokowi lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961 dari pasangan Sudjiatmi dan Noto Mihardjo.

Presiden Jokowi kemudian dikaruniai 3 orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep dari pernikahannya dengan Iriana Joko Widodo sejak tahun 1986.

Baca Juga:Sekretariat IMI Subang rumah besar insan otomotif di Kabupaten SubangBRI Tingkatkan Kolaborasi Antar Lembaga untuk Dukung Penguatan UMKM

Sebelum menjadi Presiden ke-7 RI, Jokowi menjabat sebagai Walikota Solo, Jawa Tengah selama kurang lebih 7 tahun, dari mulai tahun 2005 sampai dengan tahun 2012.

Lalu, Jokowi mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012, berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama serta berhasil memenangkan pemilihan.

Jokowi kemudian maju melanjutkan perjalanan menjadi calon Presiden pada tahun 2014, dan terbukti kembali berhasil menang bersama pasangannya Jusuf Kalla.

Kemudian pada Tahun 2018, Jokowi kembali maju menjadi calon Presiden bersama Ma’ruf Amin serta kembali terpilih menjadi Presiden RI. (Re/Jni)

0 Komentar