Galakan Literasi Siswa Melalui Gerbang Cita

Galakan Literasi Siswa Melalui Gerbang Cita
YUSUP SUPARMAN/PASUNDAN EKSPRES LITERASI: Sosialisasi Implementasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Program Gerakan Subang Cinta Pustaka (Gerbang Cita) sekaligus penandatangan kerjasama antara Disdikbud Subang dan Disarpus, di Aula Disdikbud Subang, Rabu (30/6).
0 Komentar

SUBANG-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang terus menggalakan gerakan literasi siswa. Teranyar, Disdikbud memiliki program inovasi yang disebut Gerakan Subang Cinta Pustaka (Gerbang Cita).

Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Subang, Ade Cece Suramijaya, SPd MMPd mengatakan, Gerakan Subang Cinta Pustaka adalah Gerakan yang berupaya untuk mengoptimalkan kegiatan literasi di satuan pendidikan. Dalam berbagai referensi hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca (literasi) mempunyai hubungan yang positif dengan tingkat hubungan yang sedang sampai tinggi dengan hasil belajar peserta didik.

“Berkenaan dengan hal tersebut, maka peningkatan kegiatan membaca yang dikaitkan dengan kepentingan pencapaian tujuan pembelajaran harus menjadi fokus pengambil kebijakan dan para praktisi pendidikan.

Baca Juga:Kolonel Untoro Minta Letkol Arm Bani Kelana Segera BeradaptasiCamat Minta Penjabat Kepala Desa Sukseskan Pilkades

Untuk maksud di atas, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menginisiasi sebuah gerakan yang dinamakan Gerakan Subang Cinta Pustaka,” jelas Ade Cece.

Salah satu tahap yang dilaksanakan dalam Gerakan Subang Cinta Pustaka adalah pengunggahan (upload) hasil resume peserta didik ke dalam website yang disediakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang.

Kepala Disdikbud Subang, Tatang Komara SPd, MSi

mengatakan, Gerakan Subang Cinta Pustaka merupakan bagus dalam rangka meningkatkan literasi siswa di Subang. Lebih dari itu, program literasi sebagai upaya dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Kita memiliki kewajiban untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.

Tatang menjelaskan, sejauh ini program literasi di Subang sudah berjalan. Namun perlu dilakukan optimalisasi yakni dengan hadirnya program Gerakan Subang Cinta Pustaka.

Kepala Disarpus Kabupaten Subang, Dr. Drs. H. Yayat Sudrajat MM., M.Si mengapresiasi program Gerakan Subang Cinta Pustaka. Program ini diharapkan bisa meningkatkan literasi siswa.

Sementara itu, dalam kegiatan Sosialisasi Implementasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Program Gerakan Subang Cinta Pustaka (Gerbang Cita) dilakukan juga penandatangan kerjasama antara Disdikbud Subang dan Disarpus, di Aula Disdikbud Subang, Rabu (30/6).(ysp)

 

0 Komentar