oleh

Ingin dapat Kejelasan Status, CPNS dan PPPK Harapan Sukwan di Subang

SUBANG-Pengadaan CPNS dan PPPK tahun 2021 menjadi harapan bagi tenaga sukwan yang sudah bekerja bertahun-tahun. Mereka berharap mendapat kejelasan status bekerja di instansi pemerintahan baik sebagai PNS maupun PPPK.

Sukwan yang bekerja di Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Subang, Tika Sartika SH (31) menceritakan aktivitasnya menjadi sukwan hingga berharap menjadi PNS.

Dia mengaku mulai menjadi sukwan pada tahun 2008. Ketika itu dia memulai bertugas di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Subang. Dia banyak membantu pekerjaan para PNS.

“Membantu pekerjaan yang belum selesai, namanya juga sukwan,” katanya kepada Pasundan Ekspres.

Kenyang bertugas di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kemudian tugas ke DP2KBP3A pada tahun 2020. Ada PNS yang membawanya pindah ke DP2KBP3A.

“Setelah 12 tahun di Disnakertas Subang, saya pindah ke DP2KBP3A,” katanya.

Tika menyebut, penghasilannya sejauh ini tidak tetap. Dia mendapat penghasilan dari kebaikan para PNS yang telah dibantu pekerjaannya.

“Ada yang baik ngasih ketika tugasnya kita rapihkan dan bereskan,” ujarnya.

Sebelumnya, Tika pernah mengikuti CPNS di Pemkab Subang namun gagal. Dua kali sudah gagal, namun dia akan mencoba lagi ikut CPNS.

“Sudah dua kali nyoba dan gagal, makanya langkah ke depan saya mau nyoba ikut lagi,” bebernya.

Sukwan lainnya di salah satu SKPD Ima (36) mengaku sudah 20 tahun mengabdi menjadi sukwan. Dia sangat berharap diangkat menjadi PNS. Namun karena peraturan, saat ini dia tidak bisa lagi berharap jadi PNS.

Saat ini dia berharap bisa menjadi PPPK. Sehingga dia akan mendaftar dalam seleksi PPPK tahun 2021. Dia sangat yakin lolos menjadi PPPK.

“Tadi juga sudah minta rekomendasi ke dinas tempat saya tugas buat persyaratan daftar PPPK non guru,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengadaan BKPSDM Kabupaten Subang Hasan Sahroni mengatakan, saat ini tercatat ada 5.000 sukwan di Pemkab Subang. “Mereka tersebar itu di tiap kantor pemerintahan. Nah kita mendorong mereka untuk ikut serta seleksi CPNS atau PPPK,” katanya.

Seperti diketahui, pada hari Rabu (30/6) BKPSDM membuka pendaftaran CPNS dan PPPK. Formasi CPNS umum sebanyak 141 formasi, PPPK non guru sebanyak 92 formasi, sedangkan PPPK guru sebanyak 3.089 formasi.(ygo/ysp)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *