oleh

Assyifa Peduli Undang Jagal Profesional Juleha

SUBANG-Dalam rangka mempersiapkan program Semarak Dzulhijjah 1442 H, Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah bersama Juru Sembelih Halal (Juleha) Subang mengadakan Dauroh Qurban untuk mengoptimalkan kinerja panitia khususnya di tengah pandemi Covid-19, belum lama ini (3/7).

“Kegiatan ini sebagai acara pelatihan untuk mempersiapkan dan mensukseskan penyembelihan hewan qurban Idul Adha 1442 nanti,” jelas Ketua Juleha Subang, Andi Subastian.

Panitia Semarak Dzulhijjah direncanakan akan menangani 53 ekor sapi dan 250 ekor domba, yang ditargetkan selesai dalam waktu dua hari. Target tersebut pun harus dipersiapkan semaksimal mungkin, mengingat keterbatasan panitia yang terlibat akibat pandemi Covid-19.

Agenda dauroh ini meliputi pembahasan fiqih udhiyah mengenai pengenalan teknik asah bilah, tali temali, perubuhan hewan, penyembelihan dan pengulitan. Selain itu juga mengatasi cara penanganan hewan baik sapi ataupun domba agar tidak mengalami stres saat penyembelihan.

Andi menambahkan, pelaksanaan akan sangat berbeda karena situasi pendemi saat ini yang masih darurat dan terus meningkat. “Saat Idul Adha ini merupakan hajat semua orang, biasanya orang ramai-ramai bisa masuk tapi karena saat ini pandemi kita membatasi hanya orang-orang yang memang sudah tercatat dan sudah terlatih yang terlibat,” imbuhnya.

Dia berharap, acara Semarak Dzulhijjah nanti bisa terlaksana dengan sukses dan semua ilmu yang diberikan kepada peserta dauroh dapat bermanfaat serta bisa diaplikasikan ketika terjun bersosialisasi bersama masyarakat. Kegiatan Dauroh Qurban ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19 dengan melakukan cek suhu saat kehadiran, menggunakan masker dan menjaga jarak

Sementara itu, Ketua Pelaksana Syiar Dzulhijjah 1442 H Ahmad Sahirul Alim mengatakan, Assyifa Peduli tahun ini bertemakan Qurban Peduli Indonesia. Tentunya dengan tema ini Assyifa Peduli ingin menggaet potensi donatur dari seluruh Indonesia.

“Tentunya kami menjamin hewan Qurban yang dititipkan akan dikelola dengan baik, termasuk proses penyembelihan. Oleh karena itu kami mempercayakan jagal profesional Juleha dalam proses penyembelihan,” jelasnya.(ysp/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *