Perang Manusia vs Wabah

Perang Manusia vs Wabah
0 Komentar

  1. Tahun 1350–The Black Death

Diyakini penyebaran pertama barawal dari Asia. Wabah ini kemudian menggila di Eropa. Khususnya di Inggris dan Prancis. Wabah pes yang dibawa oleh tikus menyebabkan kematian sepertiga populasi dunia yang sering disebut kematian hitam (Black Death). Wabah ini menghancurkan sistem feodal di Eropa dan memicu punahnya bangsa Viking. Virus ini disebut telah menewaskan sekitar 200 juta penduduk dunia dalam waktu 4 tahun. Saat inilah manusia berfikir keras, sudah mulai mengenal sistem karantina dan menjaga jarak dengan orang yang terkena virus. Awalnya pemerintah mengkarantina pelaut yang baru saja datang. Benar saja, efeknya penyebaran bisa ditekan.

  1. Tahun 1492–The Columbian Exchange

Kembalinya rombongan pelaut di bawah ekspedisi Columbus dari Mediterania yang membawa virus, mengakibatnya virus lebih menyebar ke berbagai daerah yang disinggahi. Termasuk menyerang bangsa Aztec. Mereka terkena cacar, demam dan penyakit mematikan lainnya. Penelitian terbaru menyebut, sekitar 56 juta bangsa asli Amerika banyak yang meninggal karena wabah pada abad 16 dan 17 yang dibawa para pelaut dari Eropa.

  1. Tahun 1665–The Great Plague of London

Wabah ini terjadi di London hingga menewaskan 20 persen penduduk London. Penularan wabah ini disebut disebabkan oleh tikus dan anjing.

Baca Juga:Indonesia dan Australia Jalin Kerjasama Pemulihan Ekonomi, Airlangga: untuk Indonesia menjadi high-income countryTekun Layani Nasabah 24 Jam, AgenBRILink Ini Kini Punya Kos-Kosan

  1. Tahun 1817–Wabah Kolera

Wabah kolera pertama kali muncul di Rusia. Lalu menyebar ke Eropa, Asia, Jepang, China termasuk Indonesia. Wabah ini ini menewaskan sekitar 150.000 orang. Tahun 1885 kemudian baru ditemukan vaksin Kolera. Tapi pandemic masih berlangsung.

  1. Tahun 1889—Russian Flu

Pertama kali ditemukan di Siberia dan KAzakstan. Lalu menyebera ke Rusia, Eropa, Amerika dan Afrika. Dalam tempo satu tahun, wabah ini diprediksi telah menewaskan sekitar 360.000 orang.

  1. Tahun 1918—Flu Spanyol

Kasus pertama flu yang disebabkan dari burung ini ditemukan di Madrid, Spanyol pada musim semi. Kemudian menyebar dan mematikan. Diprediksi virus ini membunuh sekitar 50 juta penduduk dunia. Pertama kali pula ditemukan masker.

  1. Tahun 1957–Flu Asia

Pertama kali ditemukan di Hong Kong, lalu menyebar ke Cina dan Amerika. Wabah ini diprediksi telah mengakibatkan 14.000 kematian manusia di berbagai negara. Lalu serangan gelombang kedua menewaskan 1,1 juta penduduk dunia.

0 Komentar