Perang Manusia vs Wabah

Perang Manusia vs Wabah
0 Komentar

  1. Tahun 1981–HIV/AIDS

Pertama kali ditemukan pada tahun 1981 pada komunitas gay di Amerika. Tapi diyakini berawal dari Simpense dengan kasus pertama tahun 1920 di Afrika dan tahun 1960 an di Haiti. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh. Diakibatkan oleh pertukaran cairan dari orang yang teriveksi. Banyak ditemukan akibat penyimpangan perilaku seksual.

  1. Tahun 2003: SARS

Flu ini disebabkan oleh kelelawar, lalu ditularkan oleh kucing kepada manusia di Cina. Menulir ke berbagai negara. Meski jumlah kematian bisa ditekan hanya 774 orang. Manusia sudah mengenal sistem karantina dan sudah berhasil mengembangkan vaksin.

—————————–

Setelah SARS, kita tahu sejak Desember 2019, dunia dilanda virus Covid-19. Varian baru dari flu. Kabarnya, flu ini bermutasi terus menerus selama ratusan tahun. Jadi entah suatu saat akan dinamakan apa. Corona—biasa juga disebut begitu, varian baru dari virus flu sebelumnya. Bahkan Covid-19 itu sendiri sudah berkembang, ditemukan banyak varian baru.

Baca Juga:Indonesia dan Australia Jalin Kerjasama Pemulihan Ekonomi, Airlangga: untuk Indonesia menjadi high-income countryTekun Layani Nasabah 24 Jam, AgenBRILink Ini Kini Punya Kos-Kosan

Apa yang kita alami, bahkan saya sendiri mengalami, adalah perkembangan dari flu-flu lama yang sudah kita kenal dan kita terbiasa. Sebentar lagi kita pun akan terbiasa dengan corona.

Jika kini masih harus 14 hari isolasi dan istirahat tidak berinteraksi dengan orang lain, mungkin suatu saat hanya perlu seminggu atau tiga hari. Seiring dengan perkembangan teknologi kedokteran, kesehatan dan naiknya kekebalan tubuh manusia.

Peradaban Baru dan Revolusi Industri

Pada fase terjadinya peristiwa Wabah Justinian yang menyerang Eropa, mengakibatkan melemahnya ekonomi dan pertahanan Kekaisaran Romawi atau Byzantium dan Kekaisaran Sasania atau Persia Baru yang berpusat di Iran.

Penyebaran wabah tentu membuat masyarakat Eropa di bawah imperium Romawi lemah. Seperti sekarang, negara juga kekiasaran mengalokasikan banyak dana untuk penanganan wabah. Tentara juga tidak lepas dari serangan wabah. Saat kondisi belum pulih, mereka mendapat serangan dari kekuatan muslim dari negeri Arab. Sementara para tentara muslim dalam kondisi prima, sehat tidak terkena wabah. Terlebih teknologi ummat Islam sudah maju dan berkembang.

0 Komentar