oleh

Galakan Digitalisasi Menuju Koperasi Modern

KARAWANG-Pada peringatan tahun 2021 Hari Koperasi Indonesia yang jatuh setiap tanggal 12 Juli 2021, mengangkat tema “Transformasi Digital Koperasi Menuju Bisnis Modern yang Kuat dan Bermartabat” dengan tagline “Digitalisasi Menuju Koperasi Modern”.

Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi, Asep Saefullah mengatakan, koperasi  sebagai wadah ekonomi rakyat, sejatinya keberadaan koperasi dapat menjadi penyangga dalam perekonomian anggota dan masyarakat. Para petani dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat bersaing jika mereka memiliki kekuatan bersama yakni dalam koperasi.

“Penguatan dan perbesaran skala ekonomi hanya dapat dilakukan, dan jauh lebih efisien jika dilakukan dengan cara bekerjasama dalam bentuk berkoperasi atau berkelompok,” katanya.

Saat ini, kata dia, Dinas Koperasi Kabupten Karawang sudah memiliki koperasi masih aktif sebanyak 119 dan sudah 149 RAT pada tahun 2020. “Sebagai badan hukum usaha, koperasi harus dimodernisasi. Hal itu seiring banyaknya peluang bisnis baru. Apalagi sekarang peluang bisnis terbuka lebar di era industry 4.0 yang serba digitalisasi,” ungkapnya.

Modernisasi koperasi mutlak harus dilakukan yang juga meliputi Sumber Daya Manusia (SDM) dan manajemen bisnisnya. Dengan menggunakan teknologi dan ilmu pengetahuan untuk mengelola organisasi dan manajemen, bisnisnya akan menjadikan koperasi modern, mandiri, besar, kuat, unggul, profesional dengan tetap mengutamakan prinsip nilai koperasi.

“Peringatan Hari Koperasi tahun 2021 sebagai momentum menciptakan citra, kesan (image) tentang eksistensi pengelolaan Koperasi modern dan gerakan koperasi nasional, serta sebagai upaya mensosialisasikan prinsip nilai dan jati  dalam menghadapi perubahan ekonomi global kepada masyarakat,” paparnya.

Selain itu, momen tersebut juga mendorong keterlibatan milenial dan teknologi dalam mengembangkan kapasitasnya sebagai motor penggerak ekonomi rakyat. Sehingga tema “Transformasi digital koperasi menuju bisnis modern yang kuat dan bermartabat” dengan tag Digitalisasi Menuju Koperasi Modern.(ddy/vry)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *