Tata Cara Shalat Idul Adha Sendiri di Rumah

Tata Cara Shalat Idul Adha Sendiri di Rumah
Tata Cara Shalat Idul Adha Sendiri di Rumah
0 Komentar

Tata Cara Shalat Idul Adha Sendiri di Rumah

Tata Cara Shalat Idul Adha Sendiri di Rumah ini perlu diketahui oleh umat muslim di Indonesia. Sebab Idul adha tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, sebelum pandemi itu ada, sehingga kita harus mengetahui cara shalat idul adha sendiri atau berjamaah di rumah.

Cara sholat idul adha di rumah ini perlu dijalani, sebab sesuai edaran dari Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2021, yang menyebutkan bahwa Shalat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H/2021 M di lapangan terbuka atau di masjid/mushola pada daerah Zona Merah dan Oranye ditiadakan.

Sholat hari raya idul adha dilaksanakan 2 rakaat dengan cara berjamaah, lalu ada khutbah setelah shalat. Tetapi, jika terlambat datang atau ada halangan lain (seperti pandemi saat sekarang ini), Sholat Idul Adha boleh saja dilakukan dengan sendiri di rumah (Disebut juga dengan munfarid)

Baca Juga:Nafsu Makan Anda Sedang Tinggi? Mungkin Stress PemicunyaBersinar di Euro, Real Madrid Buru Manuel Locatelli dan Mikkel Damsgaard

Tata Cara Melakukan Sholat Idul Adha Sendiri atau Berjamaah

Panduan lengkap shalat Idul Adha dimasa pandemi sekarang ini tidak jauh berbeda dengan cara pelaksanaan sholat Idul Adha dalam situasi normal seperti tahun – tahun sebelumnya.

Seperti dilansir dari NuOnline, bahwa Syekh M Nawawi Banten dari Mazhab Syafi’i menjelaskan perihal kedudukan shalat Idul Adha dan Idhul Fitri pada Kitab Nihayatuz Zain sebagai berikut:

القسم الثاني من النفل المؤقت وهو ما تسن فيه الجماعة ( صلاة العيدين ) الأصغر والأكبر وهي من خصائص هذه الأمة

Artinya, “Jenis kedua dari shalat sunnah yang ditentukan waktunya adalah shalat yang dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah adalah (shalat dua Id, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha). Shalat Id disyariatkan khusus untuk umat Nabi Muhammad SAW,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], halaman 106).

Berikut ini merupakan tata cara sholat idul adha secara tertib sebagaimana telah disarikan dari kitab Fashalatan karya Syekh KHR Asnawi, (salah satu pendiri Nahdlatul Ulama asal Kudus).

Panduan Sholat Idul Adha Saat Pandemi

1 lafadz dan niat

أُصَلِّيْ  سُنَّةً لعِيْدِ اْلأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لِلّٰهِ تَعَـــالَى

shalat idul adha didahului lafadz dan niat yang jika dilafalkan

“ushallî rak‘ataini sunnata li ‘îdil adlhâ” kalau dilaksanakan sendirian. Ditambah “imâman” kalau menjadi imam, dan “makmûman” kalau menjadi makmum

0 Komentar