oleh

Petani Kekurangan Air, Pemerintah Desa Mundusari Sediakan Pompa

SUBANG-Pemerintah Desa Mundusari bekerjasama dengan Gapoktan, menyiapkan dua alat pompa air untuk menyediakan air ke wilayah persawahan di Desa Mundusari. Hal ini seiring dengan kebutuhan air yang cukup tinggi, di tengah musim kemarau ini namun ketersediaan air sangat terbatas.

Kepala Desa Mundusari Carban Ginanjar mengatakan, ada dua alat pompa yang disiapkan untuk menyedot air dari Sungai Cipunagara dan disalurkan pada Saluran yang tersedia untuk mendorong air agar bisa sampai ke wilayah Desa Mundusari.

“Seperti tahun kemarin, alat ini dipergunakan lagi untuk menyedot air persis di lokasi yang sama,air tersebut akan disalurkan ke SS Pangarengan,” katanya.

Sebab, jika mengandalkan giliran air yang ada, masih belum bisa mencukupi. Sebab, saat ini yang sudah bisa tanam mencapai 275 hektare. “Nah, yang 275 hektare yang tanam kita upayakan bisa terpenuhi kebutuhan airnya” ungkapnya.

Pompa air untuk memenuhi kebutuhan air pada musim tanam gadu hasil swadaya murni masyarakat. “Dengan pemasangan pompa air Insyaallah para petani di Desa Mundusari apabila musim tanam gadu tidak akan ada lagi bahasa kekurangan air karena pasokan air akan tercukupi,” jelasnya.

Sebab apabila musim kemarau sangat rentan kekeringan dan ini bisa mengakibatkan gagal panen, karena kurangnya pasokan air dari hulu. “Apabila petani gagal panen ini sangat berpengaruh sekali  terhadap pembayaran pajak nantinya, kata Kepala Desa Mundusari  Carban Ginanjar.(ygi/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *