Ternyata Hanya Mitos! Memanaskan Mobil Lebih dari 5 Menit, Ini Alasannya

Ternyata Hanya Mitos! Memanaskan Mobil Lebih dari 5 Menit, Ini Alasannya
Ternyata Hanya Mitos! Memanaskan Mobil Lebih dari 5 Menit, Ini Alasannya
0 Komentar

Berapa lama waktu memanaskan mobil? Biasanya memanaskan mobil sebelum bepergian di pagi hari pastinya sudah menjadi kebiasaan kita sehari-hari.

Berapa lama waktu yang untuk memanaskan mesin mobil? Perlu diketahui bahwa fungsi memanaskan mesin mobil terutama di pagi hari ialah untuk memberikan waktu pada pelumas agar dapat bersirkulasi di dalam mesin mobil.

Sudah diketahui bahwa fungsi dari oli sebagai pelumas komponen dalam mesin. Apabila kebiasaan memanaskan mesin mobil tidak dilaksanakan dengan baik, komponen di dalam mesin dapat rusak karena pelumasan belum terjadi sempurna ketika mobil dijalankan.

Baca Juga:Kerjasama dengan Kejari, ARD: Uang Negara Harus Dikelola dengan BenarZodiak yang Berhati Lembut ini Juga Dikenal Pemalu

Ternyata Hanya Mitos! Memanaskan Mobil Lebih dari 5 Menit, Ini Alasannya

Namun,  memanaskan mesin mobil terlalu lama ternyata sudah tidak wajib lagi dilakukan, sebab diketahui hal ini dapat membuat boros konsumsi bahan bakar. Seperti ini penjelasannya:

Mesin mobil terdapat 2 jenis, yaitu

  • Mesin non-injeksi yang konvensional
  • Mesin injeksi (mobil-mobil keluaran baru)

Pada Mesin mobil non-injeksi atau sering disebut juga sebagai mesin konvensional adalah mesin yang biasanya ada pada mobil keluaran lama.

Mesin non-injeksi yang konvensional

Diketahui di mesin mobil non-injeksi, ada sebuah karburator yang fungsinya mencampur udara dan bahan bakar pada mesin pembakaran bagian dalam mesin mobil.

Namun pada Faktanya, memanaskan mesin mobil non-injeksi atau konvensional ternyata hanya perlu waktu kisaran 5 menit saja.

Apabila jarum indikator suhu mesin telah berada di posisi tengah, naka mobil siap digunakan. Memanaskan mesin dalam waktu yang cukup lama dikhawatirkan dapat membuat mesin mobil overheating.

Mesin injeksi

Tetapi pada mesin injeksi, memanaskan mesin mobil bukanlah ritual yang harus dilakukan, sebab sudah ada Electronic Control Unit atau sering juga disebut ECU yang mengatur pembakaran mesin.

Penambahan ECU pada mobil, membuat mesin mobil tidak lagi membutuhkan suhu optimal kerja mesin yang biasanya dapat dicapai dengan jalan memanaskan mesin mobil.

Baca Juga:Ribuan Paket Kurban Disebar Dewan Syura PKB di Jawa BaratInnalillah, Alino Oktavian Pemain Indosiar Meninggal Karena Ini…

Apabila tetap ingin memanaskan mesin mobil, maka memanaskan mesin mobil  injeksi cukup dilakukan selama kisaran 30 detik atau 1 menit saja. Jika Lebih dari itu, sebenarnya hanya boros bahan bakar mobil

0 Komentar