Dukung Sektor Pertanian Pemdes Jatireja Bangun Jalan

Dukung Sektor Pertanian Pemdes Jatireja Bangun Jalan
DADAN RAMDAN /PASUNDAN EKSPRES PADAT KARYA: Petani di blok sawah Sae Jaya saat mengikuti program padat karya tunai (PKT) peningkatan jalan usaha tani.
0 Komentar

SUBANG-Sebagai upaya mendukung  bidang pertanian, Pemdes Jatireja Kecamatan Compreng membangun jalan pertanian sederhana, melalui program padat karya tunai (PKT).

Jalan tersebut sangat diperlukan bagi petani untuk memudahkan mengangkut hasil produksi pertanian bila musim panen tiba. Jalan yang dibuka sepanjang 1 KM itu dikerjakan oleh para petani setempat.

“Kita ingin jalan usaha tani lebih baik, jalannya kita lebarkan, biar kendaraan angkut padi bisa melintas. Hasil panen bisa lebih cepat diangkut,” kata Kades Jatireja, Abin.

Baca Juga:Sita Eksekusi Pabrik Tua BatalDPD PAN Usung Neng Farah di Pilkada Subang Tahun 2024

Kegiatan peningkatan jalan usaha tani itu, didanai dari anggaran dana desa tahap 1 tahun 2021 sebesar Rp 39 juta.

Dia mengatakan, pemdes sengaja membuat jalan itu dengan PKT, agar petani setempat merasakan manfaat dari program tersebut. Ini sesuai intruksi Kemendes bahwa dana desa sebagian harus dialokasikan untuk program padat karya tunai.

“Kalau dilihat dari luas area sawahnya sekitar 20 hektaran. Nantinya kalau sudah rampung jalan ini akan banyak manfaatnya,” tuturnya.

Petani setempat Ibnu mengapresiasi langkah dan program PKT ini. Bahwa akan sangat membantu petani dan mengurangi biaya produksi.

“Terimakasih kepada pak Kades, petani disini merasa terbantu sekali,” ujar Ibnu.(dan/ysp)

0 Komentar