Perindo setelah Dahlan Iskan

Perindo setelah Dahlan Iskan
0 Komentar

Tapi, rasanya selama ini belum mendengar kerjasama usaha antara RNI dan Sanghyang Seri dengan BUMD Pemkab Subang. Kalau Pemda Subang ketiban masalahnya sudah sering. Misal belum lama ini masalah petani versus perusahaan pelat merah itu.

Jika kemudian Perindo dan PT SS benar-benar kerjasama, itu sejarah baru. Kata Mas Bobi, nanti BUMD SS akan bekerjasama untuk penjualan pakan ikan. Kerjasama serupa sebenarnya bisa saja dilakukan dengan Sanghyang Seri untuk memproduksi beras premium khas Subang.

Sedangkan bibit unggul sudah lama diproduksi tapi tidak ada kerjasama penjualan agar menguntungkan secara bisnis untuk pemerintah daerah. Misal bagi hasil dalam bentuk saham untuk bisnis lini pertanian. Tapi ya harap maklum, BUMD-nya baru siuman.

Baca Juga:Volume Transaksi Digital BRI Tembus 4.000 Triliun Pada Kuartal II 2021Pesan Sederhana tapi Bermakna dari Dr Aqua Dwipayana, Pemuda Harus Menjadi Pionir Penerapan Prokes Selama Pandemi Covid-19

Para petani ikan tentu sangat berharap mendapatkan pakan ikan harga murah. Saat ini, harga ikan sedang jatuh. Sementara pakan ikan melambung. Mahalnya pakan menjadi faktor dominan pemilik kolam air deras di Subang selatan menyewakan kolamnya kepada ‘orang kota’. Mereka akhirnya hanya menjadi penjaga kolam ikan dengan gaji bulanan. Baca: Hikayat Ikan Cijambe

Semoga kehadiran Perindo menjadi penyelamat. Semoga pakan ‘Muara’ Perindo makin tenar setenar partai itu. Subang punya peluang untuk bermitra dengan Perindo dalam penjualan pakan melalui BUMD. Apalagi rencananya BUMN yang satu ini akan mengembangkan pula jasa wisata, kuliner dan edukasi maritim.

Misal pariwisata di pantai utara bisa dikerjasamakan. Dikelola BUMD kerjasama dengan BUMN Perindo. Demikian juga mendirikan sekolah khusus kemaritiman. Misal Politeknik maritim. SMK sudah terlalu banyak.

Menarik juga jika dibuat sentra olahan kuliner ikan laut. Dari mulai ikan segar, ikan beku hingga olahannya. Itu juga bagian dari bisnis Perindo.

Kunjungan ke Perindo itu diakhiri dengan makan etong bakar. Ikan laut unggulan Subang yang rasanya nikmat. Banyak dijual di pinggir jalan. Tapi belum ditemukan di Shopee atau Tokopedia.(*)

0 Komentar