oleh

Korban Bencana Dapt Rp3,5 Juta dari Pemkab Karawang, Begini Cara Pengajuannya

KARAWANG-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Karawang, menyatakan jika korban tenggelam maupun kebakaran akan mendapatkan bantuan stimulan (bantuan duka) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang dengan kisaran Rp3,5 juta.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Yasin Nasrudin mengatakan, pemerintah daerah akan memberikan bantuan stimulan kepada korban tenggelam maupun korban kebakaran yang meninggal dunia.

“Jadi nantinya, kita proses setiap korban akan mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah besaran tidak besar hanya Rp3,5 juta ini bentuknya bantuan duka. Tapi ini harus diajukan dulu oleh BPBD, berdasarkan surat pengajuan dari kelurahan/desa dilengkapi dengan KTP dan Kartu Keluarga. Mudah-mudahan prosesnya tidak lama, begitu diajukan ke Bupati bisa langsung cair,” ujar Yasin.

Adapun terkait peristiwa korban tenggelam yang terjadi pada hari Sabtu sore (31/7). Ada salah satu warga Karawang Barat berumur berinisial T (12) hingga dapat dilakukan pencarian dan evakuasi dipagi hari. BPBD Karawang tidak bisa melakukan pencarian korban di tengah malam, karena adanya SOP yang telah mengatur.

“Jadi evakuasi pada pagi hari ini memang kejadiannya kemarin sore sudah hampir larut malam. Kenapa tim tidak melakukan, kan harus kordinasi dengan tim yang lain seperti Basarnas, PMI dengan Polsek. Kemudian kita mencari keberadaan orangtuanya, setelah itu kita pencarian korban,” kata Yasin.

Yasin menjelaskan, karena kondisi pencarian korban hampir malam dan sangat sulit pandangan untuk mencari sehingga diputuskan pencarian korban dilakukan dikemudian pagi hari.

“Tapi setelah kita lakukan ke TKP malah belum sempat ke lokasi, ada informasi dari warga korban tenggelam sudah diketemukan, tapi tetap tim turun ke lokasi untuk mengevakuasi,” katanya. (use/vry)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *