oleh

Ajukan Pelabuhan Baru di Ciparage, Pemkab Karawang Siapkan Lahan 20 Hektare

KARAWANG-Pemkab Karawang Siapkan lahan untuk proyek pembangunan pelabuhan baru. Hal itu disampaikan Waki Bupati Karawang Aep Saepulloh ke Menteri Perikanan dan kelautan, Sakti Trenggono, Senin (9/8).

Wabul Aep mengatakan, Pemkab Karawang sudah menyiapkan lahan seluas 10 sampai 20 hektare untuk pembangunan pelabuhan baru.

“Kami sudah sampaikan kepada pak Menteri untuk permohonan bantuan pembangunan pelabuhan baru itu, kita siapkan lahannya,” kata Wabup Aep saat Kunjungan Kerja Kementerian Perikanan dan Kelautan di Pelelangan Ikan Pelabuhan Ciparage, Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang.

Aep juga mengatakan, saat ini Kabupaten Karawang memiliki 12 Tempat Pelalangan Ikan (TPI), yang salah satu TPI terbesarnya adalah TPI Ciparage.

“Hanya tadi saya juga sampaikan kendala di Ciparage ini kata warga sering terjadi pendangkalan. Mudah mudahan nanti ada pembangunan TPI baru yang menjorok ke laut,” jelasnya.

Untuk itu, kata Wabup Aep, pihak kementerian memberikan respon yang baik terkait permohonan bantuan anggaran tersebut. “Tadi pak Ditjen mengatakan tahun 2022 akan digelontorkan anggaran kurang lebih Rp 100 miliar,” cetusnya.

Selain menyiapkan lahan, Pemkab juga akan memperbaiki dan menambah infrastuktur. Pasalnya, Ciparage, menurut Wabup Aep memiliki potensi besar tidak hanya sebagai lokasi pelelangan saja.

“Nanti bisa kita bangun muara. Jadi masyarakatnya tidak terpaku menjadi nelayan saja. Tapi juga bisa menjadi pelaku usaha. Nanti disini bisa dibangun restoran-restoran. Jadi perekonomian bisa terbangun,” ujarnya.(aef/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *