Dr Aqua Dwipayana: Komunikasi Kunci Penting Tingkatkan Prestasi Bekerja

Dr Aqua Dwipayana: Komunikasi Kunci Penting Tingkatkan Prestasi Bekerja
0 Komentar

*Menentukan Keberhasilan*
Menurut doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) itu, komunikasi menjadi aspek terpenting dalam kesuksesan bekerja. Kemampuan berkomunikasi turut menentukan keberhasilan seseorang ketika berkarir.

“Berkomunikasi dengan baik menjadi tantangan bagi semua pegawai untuk bisa dilakukan. Belajarlah untuk menyimak yang disampaikan setiap orang, menerima kritik sepahit apapun, sekaligus mampu mengartikulasikan ucapan kita dengan jelas dan jernih,” kata Dr Aqua yang sudah mengumrahkan gratis lebih dari 150 orang dari hasil penjualan  buku “super best seller” karyanya yang berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”.

Untuk mencapai efektivitas komunikasi, menurut Dr Aqua para pegawai
dapat melaksanakan rumus REACH Plus AC. Hal ini mengacu pada lima aspek yakni “Respect” atau perhatian yaitu di mana saja, kapan pun, kepada siapa pun selalu menghormati, jangan pernah meremehkan.

Baca Juga:Berbagai Promo BRI Semarakkan HUT RI ke-76Forum Humas BUMN Semarakkan HUT RI ke 76 Tahun: “Semangat untuk Negeriku”

Kemudian, “Empathy” atau bisa menempatkan diri yaitu bagaimana merasakan apa yang dirasakan orang lain. Melayani dengan optimal dan standar, tidak ada perbedaaan atau diskriminasi

“Selanjutnya “Audible” atau mudah dimengerti yaitu semua yang disampaikan gampang dipahami. Sehingga seluruh pesannya dapat diterima oleh penerima pesan.

“Clarity” atau kejelasan pesan yang diutarakan dengan mengutamakan etika komunikasi sehingga mudah  dimengerti. Untuk itu agar menggunakan kalimat sederhana.

Terakhir, “Humble” atau rendah hati. Tidak ada yang perlu disombongkan oleh setiap manusia. Semua itu perlu dilengkapi dengan huruf “AC” yakni “Action” atau Tindakan nyata dan cepat serta “Consistency” atau Konsistensi yang dilakukan secara terus-menerus,” papar Dr Aqua.

Selain mendalami komunikasi, lanjut pria rendah hati yang ramah ini, para pegawai agar punya pandangan (mindset)  sebagai pemenang untuk mencapai target kinerja menuju kesuksesan. Juga  berusahalah menjadi orang yang baik kepada semua orang dan ramah dengan siapa pun agar mendapat predikat pegawai teladan di mata rekan kerja dan di hadapan Tuhan yang Maha Esa.

Menunjukkan Keikhlasan
Di awal pemaparannya, Staf Ahli Ketua KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu dengan hangat menyapa seluruh yang hadir. Bapak dari Alira Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana tersebut mengapresiasi mereka karena saat hari libur nasional 1 Muharram 1443 Hijriah sengaja menyempatkan waktu untuk datang ke acara itu.

0 Komentar