Do’a Sholat Dhuha dan Terjemahannya, Lengkap Waktu Terbaik

Do'a Sholat Dhuha dan Terjemahannya, Lengkap Waktu Terbaik
Do'a Sholat Dhuha dan Terjemahannya, Lengkap Waktu Terbaik
0 Komentar

Do’a Sholat Dhuha dan Terjemahannya, Lengkap Waktu Terbaik. Arti kata dhuha secara bahasa ialah nama di awal siang hari (pagi); sedangkan shalat Dhuha menurut fiqih ialah shalat sunnah yang dilaksanakan pada waktu dhuha. Yakni, sejak matahari terbit seukuran satu tombak (tujuh hasta atau 2,5 meter) hingga waktu zawâl (ketika matahari tergelincir ke arah barat). Hukumnya sunnah muakkadah. (Al-Bakri bin as-Sayyid Muhammad Syattha ad-Dimyathi, Hâsyiyyah I’ânatut Thâlibîn, juz I: 253; dan Abu Zakariya Yahya bin Syaraf an-Nawawi, al-Majmû’ Syarhul Muhadzdzab, juz IV: 36).

Berbagai macam keutamaan Shalat Dhuha bagi kita, serta juga terdapat waktu yang utama untuk shalat dhuha. Selain itu, kita tentu dianjurkan untuk berdo’a setelah selesai shalat, baik itu shalat wajib atau shalat sunat. Dalam hal ini adalah Do’a Setelah Sholat Dhuna.

Do’a Sholat Dhuha dan Terjemahannya, Lengkap Waktu Terbaik

Terdapat tiga do’a yang dianjurkan dan digunakan setelah sholat dhuha, seperti dilansir dari Nu Online, dan yang paling sering digunakan adalah do’a setelah shalat dhuha berikut ini:

اَللّٰهُمَّ إِنَّ الضَّحَآءَ ضَحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَــالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللّٰهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِيْ فِي السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ، وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ، وَإِنْ كَانَ مُعْسَرًا فَيَسِّرْهُ، وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ، وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ، بِحَقِّ ضَحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِيْ مَآ أَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Baca Juga:SMK, SMA dan MI Terbaik Berdasar UTBK 2020-2021Berapa Harga iPad Pro 2021? Ini Kisarannya, Lengkap Spek

Allâhumma innad dlahâ’a dlahâ’uka, wal bahâ’a bahâ’uka, wal jamâla jamâluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allâhuma in kâna rizqî fis samâ’i fa anzilhu, wa inkâna fil ardhi fa akhrijhu, wa inkâna mu’siran (mu‘assaran) fa yassirhu, wa in kâna harâman fa thahhirhu, wa inkâna ba‘îdan fa qarribhu, bi haqqi dlahâ’ika wa bahâ’ika wa jamâlika wa quwwatika wa qudratika, âtinî mâ atayta ‘ibâdakas shâlihîn.  

Artinya: “Wahai Tuhanku, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu. Wahai Tuhanku, jika rejekiku berada di atas langit, maka turunkanlah; jika berada di dalam bumi, maka keluarkanlah; jika dipersulit, mudahkanlah; jika (tercampur tanpa sengaja dengan yang) haram, sucikanlah; jika jauh, dekatkanlah; dengan hak dhuha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah kepadaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang saleh.”

0 Komentar