oleh

Manfaat dan Kelebihan Absensi Online Untuk Mendukung Pekerjaan

Pasundan Ekspres – Berkembangnya teknologi yang semakin cepat tentu saja menjadikan hampir semua aktivitas pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah.

Untuk mendukung hal tersebut, perusahaan harus melakukan berbagai inovasi guna menunjang pekerjaan karyawan. Salah satunya adalah melalui software absensi. Pasalnya, software tersebut dapat memperbaiki manajemen absensi atau kehadiran karyawan.

Di samping itu, software tersebut dapat menjadi terobosan untuk mengelola suatu perusahaan di masa modern.

Sebab, absensi online dapat mencatat kehadiran dan keterlambatan karyawan. Di bawah ini merupakan manfaat menggunakan software absensi online:

Manfaat dan Kelebihan Absensi Online untuk Mendukung Pekerjaan

  • Rekapitulasi Otomatis

Data kehadiran karyawan adalah salah satu indikator penting dalam mengembangkan SDM perusahaan.

Kehadiran setiap karyawan yang selalu tepat waktu dapat membantu perusahaan untuk mudah mengatur dan juga mengetahui ritme kerja para karyawan. Sehingga data dapat terupdate setiap hari.

  • Mengurangi pengeluaran pengadaan perangkat

Software absensi online bisa digunakan tanpa adanya perangkat tambahan yang lain.

Menggunakan software itu setiap karyawan dapat mencatat kehadirannya melalui smartphone. Sehingga karyawan tidak perlu mengantre untuk menulis atau mencatatkan namanya pada mesin absensi di kantor.

Dengan metode online, karyawan dapat langsung dilakukan menggunakan akun khusus karyawan, sehingga perusahaan tidak harus mengeluarkan biaya khusus untuk membeli atau mengadakan mesin khusus absensi. Perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perawatan. Selain dapat menggunakan mobile, absensi online juga dapat dilakukan melalui komputer atau laptop yang terhubung dengan internet.

  • Pemantauan secara online

Dengan software itu membuat pengelola dapat memantau langsung kehadiran karyawan secara online hanya menggunakan layanan internet.

Kelebihan lainnya adalah setiap karyawan dapat melakukan absensi meski tidak berada di kawasan kantor. Namun, tentu saja dengan lokasi tertentu yang telah disepakati. Metode seperti itu sangat cocok digunakan untuk para karyawan yang lebih banyak memiliki tugas lapangan seperti sales atau marketing dan karyawan yang sedang menghadiri pertemuan di luar kantor.

  • Meminimalkan kesalahan

Saat perusahaan memiliki karyawan dengan jumlah yang banyak, sering kali juga terjadi kesamaan identitas seperti nama atau alamat.

Hal tersebut bisa saja memungkinkan terjadinya kesalahan dalam pendataan informasi personal karyawan. Namun, software absensi online memungkinkan karyawannya untuk melakukan koreksi terhadap informasi yang dianggap tidak sesuai.

Suatu perusahaan harus terus mengikuti perkembangan zaman dengan terus berinovasi dalam hal manajemen misalnya software perkantoran dan produktivitas, agar selalu dapat diterima oleh masyarakat. Software absensi, solusi mengatur data absen karyawan

Ada berbagai macam Software absensi online yang mempunyai fitur beragam, seperti HRIS Talenta by Mekari dan software lainnya yang mempunyai berbagai fitur dan dapat membantu HR dalam mengelola administrasi karyawan yang lebih efisien. Salah satu fitur unggulannya adalah manajemen absensi menggunakan Live Attendance.

Dengan absen online tersebut karyawan bisa melakukan absensi tanpa perlu mengandalkan mesin sidik jari hingga sistem dapat mencatat data kehadiran secara otomatis. Lewat aplikasi mobile, karyawan hanya perlu melakukan selfie dan data absensi karyawan secara otomatis dapat disimpan di dalam sistem. (Jpnn/Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *