oleh

8 Tips Liburan Long Weekend Hemat Bersama Keluarga!

RAGAM-Jika kita berencana akan liburan bersama keluarga, maka mulai menyusun itinerary yang sesuai dengan kebutuhan sebelum hari liburan

Persiapan harus matang agar perjalanan wisata menjadi lebih asik dan tidak tergesa-gesa.

Mau menggunakan mobil pribadi, kereta api atau pesawat, yang terpenting adalah menuliskan apa saja yang harus dibawa dan juga tujuan yang jelas, agar liburan hemat tidak membuang-buang waktu dan uang

Berikut ini, ada delapan tips untuk berlibur bersama keluarga, seperti dihimpun dari Fin, untuk menjadi referensi saat menjelang long weekend.

8 Tips Liburan Long Weekend Hemat Bersama Keluarga!

1. Lakukan Survei Destinasi Wisata

Destinasi yang sebaiknya disurvei antara lain harga makanan di tempat yang akan dituju, harga rata-rata penginapan, biaya transportasi umum di daerah yang dituju, dan sebagainya.

2. Pesan Tiket Lebih Dulu

Bagi kita yang belum tahu, tentu saja belum berani memesan kamar penginapan jauh sebelum tanggal liburan, sebab khawatir jadwal liburan berubah secara mendadak.

Padahal, sudah terdapat fitur reschedule yang biasanya disediakan oleh penyedia jasa. Dengan fitur tersebut, pemesan dapat mengubah jadwal tiket pesawat atau kamar sesuai dengan keinginan.

3. Hindari Musim Liburan

Apabila mau menghemat pengeluaran, hindari bepergian ke daerah wisata saat musim liburan. Sebab pada musim liburan (high season), harga tiket dan tarif kamar menjadi lebih mahal.

Solusinya adalah kita bisa memilih berwisata sebelum atau setelah musim liburan (low season).

Serta juga destinasi wisata biasanya sepi hingga kita leluasa untuk menikmati suasana sebab tidak perlu berdesak-desakan dengan banyak orang.

4. Buat Perencanaan Pengeluaran

Hal ini harus dilakukan agar menghindari biaya-biaya yang seharusnya tidak perlu. Rancangan pengeluaran tersebut harus disesuaikan dengan dana liburan yang dimiliki serta itinerary perjalanan yang telah disusun.

Sebaiknya cantumkan:

  • Biaya masuk tempat wisata,
  • Biaya transportasi,
  • Biaya akomodasi (hotel),
  • Biaya makan,
  • Biaya lain-lain seperti jajan dan oleh-oleh,
  • Serta biaya tidak terduga.

Tentukan batas maksimal anggaran yang bisa dipakai dan sebisa mungkin ikuti rancangan tersebut.

5. Bawa Barang Keperluan Pribadi

Pastikan membawa barang-barang keperluan pribadi. Membawa “bekal” pun dapat menjadi salah satu strategi untuk menghemat pengeluaran.

Misalnya, bekal camilan untuk anak-anak atau pun keperluan lain yang sekiranya dibutuhkan saat liburan. Tetapi, barang tersebut harus mudah dibawa di tas atau koper.

6.  Beli Oleh-Oleh Secukupnya

Cari tempat oleh-oleh yang menawarkan harga lebih miring.

Berikan oleh-oleh liburan kepada orang-orang terdekat saja. Tidak perlu membeli oleh-oleh benda atau makanan yang berharga mahal. Bahkan, jika biaya liburan serba terbatas, mencoret bujet untuk membeli oleh-oleh juga tidak masalah

7. Wisata Kuliner Sederhana

Pilih warung tenda atau tempat makan yang murah, namun merupakan makanan khas daerah tempat liburan.

Biasanya banyak di antaranya merupakan tempat populer dengan menu-menu yang tidak kalah lezat.

8. Utamakan Kenyamanan

Saat berlibur ke luar daerah atau ke luar pulau, sebaiknya memilih sarana transportasi udara jika memungkinkan

Walaupun mengutamakan kenyamanan, tidak berarti harus mengeluarkan biaya yang mahal. Menekan biaya dengan membeli tiket saat harga promo.

Bagaimana? sudah siap berlibur? tetap jaga protokol kesehatan ya. (Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *