oleh

Menarik! Tempat Wisata Cibuluh Subang Adakan Festival 7 Sungai

SUBANG – Desa Wisata Cibuluh yang berada di Tanjung Siang, Subang, mempunyai potensi wisata alam yang menarik, seperti pegunungan, air terjun dan juga muara sungai dari tujuh aliran sungai yang ada.

Guna menarik minat para wisatawan dan mensyukuri alam yang diberikan Tuhan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Cibuluh, Kecamatan Tanjung Siang menggelar atraksi wisata Festival 7 Sungai, yang berlangsung Sabtu dan Minggu (18/19/12). Tahun ini menjadi tahun keenam penyelenggaraan Festival 7 Sungai.

Festival Tujuh Sungai ini adalah sebuah atraksi wisata yang menarik diambil dari budaya masyarakat setempat dalam mencari nafkah, semisal bertani dan mencari ikan.

Pada rangkaian Festival 7 Sungai dipertunjukkan beragam kesenian dan budaya untuk menarik wisatawan.

Salah satu hal menarik dari rangkaian Festival 7 Sungai ialah tentang bagaimana cara masyarakat setempat dalam menangkap ikan.

Acara yang berpusar di Sungai Cipunegara festival ini berlangsung Khidmat dan cukup meriah

“Di acara ini wisatawan diperkenalkan dengan budaya sungai, budaya bercocok tanam, budaya kesenian, dan permainan tradisional yang biasa dilakukan oleh masyarakat desa. Kali ini wisatawan disuguhkan dengan atraksi menangkap ikan,” kata Koordinator Pokdarwis Kecamatan Tanjung Siang, Subang Mang Udan.

Lebih lanjut lagi, dilansir dari Jpnn, menurut Mang Udan, sebetulnya terdapat beragam alat dan cara dalam menangkap ikan di masyarakat desa Cibuluh.

Dalam Festival 7 Sungai ini ditampilkan dua cara menangkap ikan, yaitu:

  • Ngecrek
  • Ngeprok.
  1. Ngecrek adalah cara menangkap ikan dengan melempar-lempar jaring ikan
  2. Ngeprok ialah memukul-mukul air sungai dengan bambu supaya ikan berkumpul lalu lari menuju perangkap yang terbuat dari bahan bambu (bubu).

Menurut Mang Udan, Festival 7 Sungai digelar guna menumbuhkan kecintaan masyarakat kepada lingkungan.

“Dengan festival ini kami berharap akan tumbuh kesadaran masyarakat untuk menjaga sungai kita agar tidak kotor dan tercemar, tidak ada sampah maupun limbah,” ucap Mang Udan.

Di samping itu, Bambang Subarnas dari Bale Budaya Bandung, yang juga penggagasan Festival 7 Sungai ini memaparkan, pandemi yang mewabah sejak Maret 2020 di Indonesia, sudah mempengaruhi semua aspek kehidupan. Desa Wisata Cibuluh juga adalah salah satu desa terdampak.

Sektor pariwisata Desa Cibuluh yang dibangun sejak tujuh tahun lalu, mengalami kelesuan.

Baca Juga: Rekomended!!! 23 Tempat Makan Di Subang Yang Enak Dan Murah

“Festival 7 Sungai yang keenam pada tahun 2021 ini masih dalam suasana pandemi covid-19. Warga desa tetap berhidmat melaksanakan event bersama sesama warga, karena 7 sungai yang mengalir di tubuh desa, adalah urat nadi kehidupan selama beratus atau beribu tahun: mengaliri sawah, menyuburkan ladang, membersihkan kotoran, bahkan tempat melarung bali ari-ari yang dilahirkan seorang ibu. Karenanya festival ini adalah bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pungkas Bambang.

Festival 7 Sungai yang keenam mengangkat tema “Caikiwari” (sunda: yang bermakna harfiah air pada masa kini).

Tema tersebut dilahirkan melalui musyawarah tetua dan perwakilan warga desa untuk upaya melihat kenyataan air sungai dalam konteks masa kini.

“Sungai sebagai salah satu sumber daya alam yang sangat vital ini, tak bisa dipungkiri tengah terancam oleh ekploitasi, baik untuk pemanfaatan jangka panjang maupun pemanfaatan jangka pendek,” jelas Bambang.

“Festival 7 Sungai ini saya gagas pada akhir tahun 2015, sebagai bagian dari program pengembangan Desa Cibuluh menjadi Desa Wisata. Ini merupakan event promosi sekaligus miles stone evaluasi tentang pencapaian warga desa,” tambah Bambang.

BACA JUGA: Lima Tempat Wisata di Subang Terbaru dan Terhits

Lalu, dijelaskan Bambang bahwa event ini telah terhubung dengan River Network, jaringan masyarakat sungai internasional.

Maka dari itu, Festival 7 Sungai diharapkan akan tetap terus berlangsung, tidak hanya untuk ajang promosi pariwisata, lebih dari itu adalah untuk menjadi sarana mengadvokasi masyarakat perihal pentingnya menjaga sungai secara bijak, supaya bisa digunakan untuk kesejahteraan warga dan masyarakat sekitar.

Menarik! Tempat Wisata Cibuluh Subang Adakan Festival 7 Sungai

Lebih lanjut lagi, Kabid Destinasi dan Produk Wisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Subang Ida Erlinda menjelaskan bahwa Kabupaten Subang mempunyai sejumlah potensi wisata alam. Mulai dari pesisir laut utara, dataran tengah, hingga dataran tinggi.

“Tak hanya itu, Subang juga memiliki destinasi wisata budaya yang menarik, salah satunya Desa Wisata Cibuluh di Kecamatan Tanjung Siang. Lokasi Desa Wisata Cibuluh berjarak sekitar 37 km dari pusat Kota Subang,” jelas Ida.

Desa Wisata Cibuluh, pada awal 2017 mulai banyak dikunjungi wisatawan dari sejumlah kota. Wisatawan yang bekunjung bisa menikmati keindahan alam dan sajian budaya masyarakat setempat.

BACA JUGA: Daftar Lima Oleh-oleh Khas Subang yang Wajib Kalian Beli

Adanya pesona alam pedesaan, pesawahan, kolam ikan, sungai-sungai yang mengalir, air tejun, rimbunnya pepohonan, segarnya udara, dan keramahan masyarakatnya, Desa Cibuluh menjadi desa wisata yang diunggulkan untuk menarik para wisatawan.

“Karena itu kami bangga dan mengapresiasi atas inisiatif dan kreatifitas warga dalam menggelar acara ini. Ini menjadi bagian dari atraksi wisata yang menarik sekaligus ajang promosi wisata desa Cibuluh,” papar Ida.

Ida juga mengakui bahwa dukungan dari Pemda Kabupaten Subang untuk desa wisata sekarang ini memang masih kurang. Ia pun berharap dengan suksesnya acara ini di masa depan dukungan dari Pemda akan lebih besar dan nyata lagi.

“Semoga ke depan perhatian pemda akan lebih besar lagi terhadap desa-desa wisata di kabupaten Subang,” tutup Ida. (Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *