oleh

Kandungan Bayam dan Manfaatnya! Cewek Pasti Suka

KESEHATAN – Sayuran Bayam adalah salah satu tumbuhan yang mudah dijumpai pada kehidupan sehari-hari. Sayur bayam memiliki kandungan banyak sekali kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh dan kesehatan.

Sayuran bayam seringkali digunakan untuk membuat makanan semisal pecel, gado-gado, sayur bening dan lainnya

Sayur bayam juga bisa menjadi obat berbagai penyakit seperti kanker, diabetes, infeksi virus serta bakteri, dan menghambat penuaan dini.

Rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk asupan vitamin C adalah 45 miligram per hari. Maka dari itu, mengkonsumsi sayur bayam tentu baik untuk memenuhi asupan tersebut

Dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “food & function”, via Fajar News, para peneliti menghimpun sejumlah manfaat sayur bayam berdasar aktivitas fitokimia dan senyawa bioaktif.

Para peneliti menyatakan bahwa zat yang berasal dari bayam ternyata bisa mengurangi stres aksidatif. Kerusakan DNA, serta penyakit.

Manfaat dan khasiat dari kandungan sayur bayam juga dapat  mempengaruhi ekspresi gen yang terlibat dalam metabolisme dan peradangan.

Di samping itu, bayam memicu pelepasan hormon penyebab kenyang, hal ini membuat kenyang bagi yang mengkonsumsi

Para peneliti tersebut membuat kesimpulan bahwa makan lebih banyak bayam bisa membantu menangkal penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2 serta obesitas.

Kandungan Bayam dan Manfaatnya! Cewek Pasti Suka

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bayam dikenal memiliki lebih tinggi kandungan vitamin dan mineral, semisal vitamin A vitamin C, folat, dan magnesium. Beragam nutrisi itu diketahui bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Mencegah anemia

Bayam adalah salah satu sumber zat besi yang baik. Tetapi, sayuran ini juga memiliki kandungan oksalat yang bisa menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Cara untuk menyiasatinya, serta dengan mengkonsumsi vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi.

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan karotenoid yang ada pada bayam, yaitu beta koroten, lutein, dan zeaxanthin, dipercaya bisa menjaga kesehatan mata dan menurunkan resiko sejumlah  penyakit, seperti rabun senja, dan regenerasi makula.

  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Bayam mengandung nitrat yang bisa menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko terkena gangguan pada jantung.

  • Menjaga kesehatan kulit

Bayam kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga dan melindungi kesehatan kulit dari dalam, terlebih lagi dari paparan radikal bebas di sekitar. (Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *