oleh

Viral Boneka Arwah “SPIRIT DOLL”, Kemusyrikan Yang Dianggap Biasa

RELIGIViral boneka arwah atau bahasa kerennya boneka spirit doll menjadi trend di kalangan para artis.

Diketahui sampai saat ini, selebritis yang mengadopsi spirit doll ialah Ivan Gunawan, Celine Evangelista, Roy Kiyoshi, Lucinta Luna dan Nora Alexandria.

Merespon hal tersebut, salah satu artis yang sudah hijrah, Fivey Rachmawati memberi respon trend spirit doll tersebut.

Fivey melihat dari sudut pandang Islam pada adopso boneka arwah itu.

Lewat caption akun Instagramnya yang ia kutip dari sebuah website, Fivey menulis bahwa adopsi spirit doll hukumnya haram dan syirik.

Viral Boneka Arwah “SPIRIT DOLL”, Kemusyrikan Yang Dianggap Biasa

“KESYIRIKAN YANG LAGI VIRAL, MARAKNYA FENOMENA ADOPSI SPIRIT DOLL ( BONEKA ARWAH > BACA “BONEKA BERISI JIN),” tulisnya di akun Instagram milknya, @five_vrachmawati, dilansir Selasa 4 Januari 2022 via Fin.

Fivey Rachmawati menulis bahwa Boneka Arwah ialah boneka yang kabarnya telah diisi makhluk halus, boneka itu dapat dijadikan teman dalam kesepian, dan diadopsi layaknya anak.

Untuk yang membelinya, harus memberikan perhatian ekstra pada boneka itu, misalnya: memberinya makan dan minum, menunjukkan kasih sayang, mengajaknya ngobrol, dan lainnya.

Boneka arwah atau Spirit Doll ini bagi pembelinya, diyakini bisa menjadikan yang merawatnya memperoleh keberuntungan dan menyelamatkannya dari mara bahaya.

“Melihat hakekat ini, maka hukum “boneka arwah” ini adalah HARAM,” tulis Fivey Rachmawati.

Ia pun memberikan penjelasan terkait dasar-dasar hukumnya:

1. Kesyirikan merawat boneka berisi jin, diajak komunikasi, menyuguhkan makan, minum, diyakini dapat mendatangkan manfaat keberuntungan, rasa keamanan dari mara bahaya, lancar rezeki dll dengan kehadirannya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman,’Aku tidaklah butuh adanya tandingan-tandingan. Barangsiapa yang mengerjakan suatu amal dalam keadaan menyekutukan Aku dengan selain Aku, maka Aku akan meninggalkan dia dan perbuatan syiriknya itu.’” (HR. Muslim no. 7666)

2. Batilnya keyakinan bahwa Arwah/ruh orang meninggal gentayangan, dalam Islam tidak dikenal ruh gentayangan. dalil QS. Al-Mukminun 99-100

3. Boneka termasuk patung, dan tidak ada perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang haramnya patung makhluk bernyawa untuk orang dewasa

4. Banyak Hadits Malaikat Rahmat tidak masuk rumah yang tampak makhluk bernyawa

5. Termasuk membeli sesuatu yang tidak terlihat ( jin ). Na’udzubillah min dzalik

6. Adanya sisi ketidak warasan memberi makanan, minuman pada boneka & mubadzir

Para pemilik boneka tersebut tidak mungkin melakukan perawatan yang sedemikian rupa tanpa pamrih, pasti ada sesuatu yang mereka inginkan dari boneka arwah tersebut .. tentunya yang mereka inginkan tidak jauh-jauh dari manfaat duniawi.

“Simpelnya, mereka ingin “sesuatu” dari penunggu boneka itu. Disadur dari tulisan ustadz Musyaffa ad Dariny Hafidzhahullah Web resmi ittiba.or.id,” tulis Fivey Rachmawati mengakhiri.

Wallahu a’lam. (Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *