oleh

Lakukan Akselerasi, Samsat Subang Targetkan PKB Rp148 Miliar

SUBANG-Pencapaian berhasil melampaui target di tahun 2021, Samsat Subang akan melakukan akselerasi capai target baru di tahun 2022.

Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Subang Lovita Adriana Rosa mengatakan, pencapaian di tahun 2021 melebih 100 persen dari target yang diberikan kepada Samsat Subang.

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tercapai Rp144,342 miliar, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) I sebesar Rp122,424 miliar, BBNKB II sebesar Rp1,36 miliar, PBBKB Rp 77,9 miliar, PAP sebesar Rp1,56 miliar, dan pajak cukai rokok sebesar Rp99,7 miliar.

Tahun 2022 Samsat Subang menargetkan pencapaian  untuk PKB di angka Rp148 miliar, naik Rp10 miliar dari pencapaian sebelumnya.

Samsat akan melakukan akselerasi dan inovasi di tahun 2021. Samsat memiliki pengalaman  kolaborasi dengan para petugas penelusur  kendaraan tidak melakukan daftar ulang (KTMDU). Dengan cara mendatangi para wajib pajak, petugas penelusur yang berjumlah 22 orang tersebut melakukan tugasnya dengan maksimal. Petugas wajib meminta perjanjian kesanggupan dan kesiapan secara tertulis kapan wajib pajak akan membayar pajaknya.

“Salah satunya yang berperan adalah petugas penelusur dalam KTMDU,” ujarnya.

Lovita menjelaskan, selain petugas penelusur tersebut, Samsat kolaborasi dengan BUMDes. Kolaborasi itu sangat memudahkan para wajib pajak karena menjadi katalisator membayar pajak. Wajib pajak tidak harus jauh membayar pajak bisa melalui BUMDes.

Pihaknya juga berkolaborasi dengan operasi gabungan. Samsat berkolaborasi dengan petugas kepolisian, Jasa Raharja dan dinas perhubungan.

“Dari tiga pioner tersebut memang dalam pencapaian target pajak sangat berpengaruh, oleh karena itu tetap diterapkan di tahun 2022,” jelasnya.

Pada tahun 2022, Samsat Subang akan lebih gencar melakukan program Zona integritas taat pajak kendaraan bermotor (Zonita Pamor) bagi para ASN di Subang, yang memiliki kendaraan pribadi dan juga SKPD yang memiliki kendaraan plat merah  agar membayar pajak tepat waktu.

Masyarakat semakin dimudahkan dalam membayar pajak. Di Samsat ada layanan Drive thru, E- Samsat, dan layanan di hari Minggu. Hal tersebut dilakukan agar para wajib pajak kendaraan yang sibuk di jam kerja, bisa tetap membayarkan pajak kendaraannya melalui samsat keliling dimana mobil operasional samsat standby di terminal Subang.

“Nah ini bagi wajib pajak yang super sibuk di hari Senin-sabtu, kita di hari Minggu tetap buka pelayanan dengan samsat keliling di terminal Subang sehingga pajak tetap bisa terbayarkan,” jelasnya.

Lovita mengatakan, pajak yang dibayarkan akan kembali lagi ke masyarakat dengan bentuk pembangunan infrastruktur jalan atau bangunan yang bermanfaat.

Sementara itu salah satu wajib pajak Donna Riana (37) mengatakan, pajak yang dibayarkan diharapkan bisa untuk membangun jalan rusak di daerahnya, karena kondisinya sudah memperihatinkan.

“Iya mudah-mudahan segera bisa dibangun infrastrukturnya, karena jalan yang dibangun juga berasal dari pajak yang dibayarkan,” jelasnya.(ygo/ysp)

 

Capaian Samsat Subang Tahun 2021

PKB        Rp144,342 miliar

BBNKB      Rp122,424 miliar

BBNKB II   RpRp1,36 miliar

PBBKB           Rp 77,9 miliar

PAP        Rp1,56 miliar

Pajak Cukai Rokok Rp99,7 miliar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *