oleh

Bayar Tol Tanpa Kartu, Begini Cara Mudah Tanpa Harus Berhenti!

NASIONAL – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberi kepastian, tentang sistem pembayaran tol tanpa berhenti akan diterapkan pada akhir tahun 2022 ini.

Hal itu diungkapkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melalui situs resminya.

Lalu, pada prakteknya nanti, diperkirakan terdapat 40 ruas jalan tol di Jawa dan Bali yang akan menerapkan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF).

Nantinya, pengguna tol akan menjalankan sistem transaksi dengan tiga cara, seperti dihimpun via Fin, di bawah ini beberapa cara bayar tol tanpa berhenti:

Bayar Tol Tanpa Kartu, Begini Cara Mudah Tanpa Harus Berhenti!

  • E-OBU (electronic on-board)

Para pengguna tol bisa melakukan transaksi menggunakan electronic on-board (E-OBU), dengan cara ini pengguna cukup menggunakan smartphone dengan mengunduh sebuah aplikasi.

E-OBU mempunyai teknologi MLFF yang akan berjalan menggunakan Global Navigation Satellite (GNSS) dan Global Positioning System (GPS) yang berfungsi menentukan lokasi dan dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di sistem sentral.

Selesai registrasi, pengguna akan dimudahkan dengan pembayaran yang sudah terintegrasi oleh sejumlah metode pembayaran. Maka, nanti saldo pengguna akan terpotong otomatis ketika melakukan perjalanan.

  • OBU (On Board Unit)

On Board Unit (OBU) adalah perangkat khusus yang dipasang di dashboard mobil yang mempermudah pengendara mobil melewati gerbang tol otomatis (GTO) tanpa harus melakukan tap kartu e-toll.

Transaksi OBU yang berhasil ditandai dengan terbukanya palang pintu gerbang tol dengan otomatis dan terdengar bunyi ‘bip’ dua kali. Maka saldo akan terpotong otomatis.

  • Electronic Route Ticket

Electronic route ticket merupakan salah satu cara bayar tol tanpa berhenti dengan metode membeli tiket sekali jalan. Electronic Route Ticket ini ditujukan kepada pengguna tol yang hanya sekali jalan. Tiket ini nantinya bisa dibeli melalui aplikasi atau situs resmi MLFF.

“Manfaat menggunakan ketiga cara tersebut dapat meningkatkan keselamatan dalam berkendara dan menghilangkan kemacetan di gerbang tol,” terang Kepala Subbidang Operasi dan Pemeliharaan I BPJT, Galuh Permana Waluyo. (Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.