Labkesda Subang Layani Pemeriksaan Sample Cairan Manusia dan Bumi

Labkesda Subang Layani Pemeriksaan Sample Cairan Manusia dan Bumi
INDRAWAN SETIADI/PASUNDAN EKSPRES PERESMIAN: Bupati Subang, H Ruhimat meresmikan gedung Labkesda di Jl. Kartawigenda.
0 Komentar

SUBANG-Kabupaten Subang kini memiliki gedung UPTD Labratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang megah berlokasi di Jl. Kartawigenda. Anggaran pembangunannya mencapai Rp8,8 miliar. Labkesda tersebut telah diresmikan oleh Bupati Subang, H Ruhimat, Senin (31/1).

Kepala Dinas Kesehatan Subang dr. Maxi menyampaikan, sebelum dibangunnya gedung baru, Labkesda selama puluhan tahun menginduk dan bersatu di kantor dinas kesehatan. Anggaran pembangunan Labkesda berasal dari DAK 2021 dengan biaya sebesar Rp8,8 miliar.

“Akan dilengkapi alat dengan anggaran Rp1,3 miliar, yang menjadi salah satu Labkesda terbesar di Jawa Barat,” jelasnya.

Baca Juga:Khawatir Ledakan Kasus Covid-19, RSUD Subang Siap SiagaLongsor Januari, BBWS Citarum Baru Survey Tanggul di Desa Karangmulya

Dia mengatakan, selain untuk labarotarium klinik yang samplenya merupakan cairan manusia, Labkesda Subang juga dapat dimanfaatkan untuk laboratorium kesehatan yang samplenya adalah cairan bumi. Sehingga ke depannya Labkesda mampu bekerja sama dalam pembangunan perusahaan/industri.

Dokter Maxi meminta dukungan dari semua pihak sehingga UPTD Labkesda mampu bertransformasi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Mudah mudahan akan bermanfaat luas untuk masyarakat,” harapnya.

Sementara itu Bupati Subang, H Ruhimat menyampaikan apresiasi kepada Kepala Dinas Kesehatan  Subang beserta jajaran atas selesainya pembangunan Labkesda tersebut.

Dia menyampaikan, pelayanan laboratorium merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang diperlukan untuk menunjang upaya peningkatan kesehatan, pencegahan dan pengobatan serta pemulihan kesehatan.

“Labkesda akan menjadi pusat rujukan laboratorium atau sebagai laboratorium cross check maupun laboratorium pembina bagi laboratorium puskesmas di Subang,” katanya.

Dia menegaskan, Labkesda harus terus berupaya mengembangkan diri agar dapat menjadi sebuah laboratorium yang motivatif, inisiatif, kreatif dan inovatif, sehingga masyarakat akan lebih mendapatkan layanan pemeriksaan laboratorium yang lebih lengkap, bermutu dan terjangkau di daerah sendiri.

“Sesuai dengan visi-misi kami, menuju Kabupaten Subang yang bersih, maju, sejahtera dan berkarakter dengan meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup,” tambahnya.

Baca Juga:Pengelola Wisata Taman Anggur Subang Terancam Pidana, Polres Subang Akan Panggil Semua PihakKelanjutan Pemekaran Pantura Subang Tidak Jelas

Dia mengatakan, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan pemulihan ekonomi nasional menjadi target utama pemerintah daerah, dan dengan adanya Labkesda tersebut menjadi amunisi baru bagi pemerintah.

“Semoga keberadaan Labkesda, akan mampu mempercepat kinerja pemeriksaan hingga mengoptimalkan sumber daya” tukasnya.(idr/ysp)

0 Komentar