oleh

Keren! Siswa SMK Bina Teknologi Mampu Buat Motor Listrik Pertama di Subang

SUBANG-Pandemi Covid-19 tak jadi halangan bagi SMK Bina Teknologi untuk berkarya. Siswa sekolah ini berhasil membuat motor listrik pertama di Subang.

Motor listrik ini dibuat selama dua bulan dari Nopember hingga Desember 2021. Mulai dari body, rangka, dan kelistrikan dibuat sendiri oleh siswa.

Kepala SMK Bina Teknologi, Wawan Suwandi SE mengatakan, SMK Bina Teknologi berdiri tahun 1997. Kehadirannya untuk pengabdian kepada masyarakat.

SMK Bina Teknologi terus melakukan berbagai inovasi membuat teknologi tepat guna. Untuk motor listrik merupakan kolaborasi siswa dari berbagai jurusan yakni teknik kendaraan ringan, pengelasan dan audio-video.

Wawan menjelaskan, alasan membuat motor listrik karena saat ini pemerintah Indonesia tengah menggembirakan motor listrik untuk mengurangi emisi gas buang.

“Oleh karena itu, kita yang bergerak di bidang pendidikan dan teknologi, kita melakukan inovasi membuat motor listrik,” jelasnya dalam Launching Motor Listrik Pertama di Subang, Senin (7/2).

Dia mengatakan, dengan dibuatnya motor listrik, SMK Bina Teknologi ingin menunjukkan bahwa di tengah pandemi Covid-19 tak menghalangi untuk melakukan inovasi.

“Meski kita akui bahwa pandemi Covid-19 menjadi kendala dalam proses pembelajaran,” jelasnya.

Pengawas SMK Provinsi Jawa Barat, Ajim SPd MM mengapresiasi berbagai inovasi yang dilakukan SMK Bina Teknologi dalam rangka merespon berbagai isu dan menangkap peluang apa yang akan terjadi di Subang.

Perwakilan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Ahmad Saripudin mendukung pengembangan kendaraan listrik yang dilakukan oleh SMK Bina Teknologi. Kendaraan listrik merupakan program nasional.

“Kami mendukung dan sangat bangga dengan hasil karya siswa SMK Bina Teknologi,” ujarnya.

Berikut Spesifikasi Motor Listrik Karya SMK Bina Teknologi Subang :

Panjang : 198cm

Lebar : 73cm

Tinggi Sampai Spidometer : 104cm

Tinggi Sampai : 84cm

Tinggi Belakang : 91cm

Sumber Tegangan Batrai : 60v-20a = 1200watt

Lama Cas : 4 Jam

Jarak Tempuh : 35 Km Kondisi Datar – 28 Km Kondisi Tanjakan

Kecepatan Maks : 60km/H

Jenis Batrai Litium Ion Type Nmc

Keunggulan Batrai Lebih Kecil Dan Sampai 1000kali Cas

Berat Motor 62kg Berdasarkan Timbangan Dinas Perhubungan

Ukuran Dinamo/Motor Penggerak Listrik 10”

Daya Motor Listrik 2kw.(ysp)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.