oleh

5 Herbal Alami Pereda Sakit Tenggorokan

RAGAM– Banyak orang sering merasakan sakit tenggorokan. Biasanya sakit tenggorokan disebabkan oleh batuk, panas dalam, atau luka pada tenggorokan.

Untuk menghilangkannya, berikut adalah 5 herbal alami yang bisa redakan dan hilangkan sakit tenggorokan.

  1. Jahe

Herbal yang satu ini memang sudah dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa menghilangkan sakit tenggorokan.

Jahe bisa menghilangkan sakit tenggorokan karena ekstrak jahe ampuh membunuh bakteri-bakteri di saluran pernapasan, karena jahe punya sifat antibakteri.

Selain itu, jahe dapat mengurangi kemerahan dan peradangan di area tenggorokan. Jahe bisa digunakan dengan cara dibuat minuman seperti wedang jahe, susu jahe, teh jahe, atau minuman jahe lainnya.

  1. Madu

Herbal lainnya yang ampuh menghilangkan sakit tenggorokan yaitu madu. Madu ampuh menghilangkan sakit tenggorokan karena mampu menurunkan produksi lendir di tenggorokan dan memiliki sifat antibakteri yang dapat membasmi kuman penyebab sakit tenggorokan.

Selain itu, madu memiliki rasa yang enak dana man untuk digunakan. Cukup meminum dua sendok madu setiap hari untuk menghilangkan sakit tenggorokan.

  1. Lemon

Lemon bisa menjadi solusi untuk menghilangkan sakit tenggorokan. Lemon kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Vitamin C juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh mampu melawan kuman dan bakteri dengan mudah.

Kandungan Vitamin C yang tinggi pada lemon dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit, seperti flu atau batuk. Cara menggunakannya cukup dengan meninum airnya langsung atau dicampur dengan air atau madu.

  1. Air Garam

Selain lemon, air garam bisa digunakan untuk menghilangkan sakit tenggorokan. Air garam mampu mengurangi pembengkakan pada tenggorokan serta ampuh menghilangkan kuman dan bakteri.

Air garam digunakan dengan cara melarutkan  1 sdt garam kedalam air hangat, lalu digunakan untuk berkumur dan lakukan secara rutin setiap hari.

  1. Minyak Kelapa

Bahan herbal yang terakhir yaitu minyak kelapa. Minyak kelapa juga ampuh untuk menghilangkan sakit tenggorokan karena mampu mengencerkan lendir di saluran tenggorokan dan membuat tenggorokan menjadi lebih lega.

Minyak kelapa bisa ditambahkan kedalam masakan seperti sup hangat atau diminum langsung sebanyak 1 sampai 2 sendok makan.(Arr/ded)

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.