Penyebab Sering Merasa Kelelahan, Ternyata Gara-gara Hal ini!

Penyebab Sering Merasa Kelelahan, Ternyata Gara-gara Hal ini! (ilustrasi kelelahan)
Penyebab Sering Merasa Kelelahan, Ternyata Gara-gara Hal ini! (ilustrasi kelelahan)
0 Komentar

KESEHATAN -Merasa lelah bisa saja disebabkan oleh penyebab yang sederhana, misalnya kurang tidur atau pilek dan flu.

Namun, selain itu, merasa kelelahan juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang terjadi pada tubuh.

Apabila tidak diketahui penyebab pastiya, kelelahan kronis memiliki potensi merusak kualitas hidup manusia

Baca Juga:Rafale, Diplomasi Militer Dilarang MelarangDinilai Mampu Tumbuhkan Ekonomi Kreatif, Pegiat Wisata dan Ekraf Dukung Muhaimin Presiden 2024

Pada kebanyakan kasus, merasa kelelahan bisa diatasi dengan gaya hidup atau mengubah pola makan, memperbaiki kekurangan nutrisi, juga mengobati kondisi medis yang mendasarinya.

Akan tetapi, untuk menghilangkan kelelahan sangat dibutuhkan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Dihimpun dari situs Heathline, via Fin, di bawah ini ada empat faktor yang menyebabkan seseorang merasa kelelahan.

Penyebab Sering Merasa Kelelahan, Ternyata Gara-gara Hal ini!

  • Tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup

Tidur yang cukup tentu penting bagi kesehatan tubuh. Sangat disayangkan, banyak dari kita tidak mendapatkan tidur yang cukup, hal ini bisa menyebabkan kelelahan.

Selama tidur, tubuh melakukan berbagai proses penting, seperti melepaskan hormon pertumbuhan penting dan memperbaiki juga meregenerasi sel, sehingga pada saat bangun tidur seseorang merasa segar setelah tidur malam yang berkualitas.

Hal terpenting, tidur harus nyenyak dan tidak terganggu agar memungkinkan otak melewati tiga tahap tidur, gerakan mata non-cepat (NREM) dan satu tahap tidur gerakan mata cepat (REM) — tahap di mana seseorang sedang bermimpi.

Walauuun waktu tidur harus disesuaikan secara individual, American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society merekomendasikan agar orang dewasa mendapatkan setidaknya 7 jam tidur per malam untuk kesehatan yang optimal.

Baca Juga:Jaka Arizona : Open Bidding Bukan SeremonialTradisi Perayaan Cap Go Meh di Indonesia, dari Lampion hingga Barongsai!

Meskipun Anda mungkin tahu pentingnya tidur yang cukup, jatuh dan tetap tertidur bisa menjadi perjuangan.

  • Kondisi medis tertentu

Apabila seseorang mengalami kelelahan kronis yang tidak bisa dijelaskan, maka segera harus mengunjungi dokter dan mendiskusikan gejala yang ada.

Agar secepatnya diatasi oleh pihak dokter, seperti sleep apnea, hipotiroidisme, kanker, sindrom kelelahan kronis, multiple sclerosis, gangguan kecemasan, penyakit ginjal, depresi, diabetes, dan fibromyalgia.

Penting untuk diketahui bahwa merasa lelah sepanjang waktu adalah hal yang tidak normal. Jika Anda sering mengalami kelelahan, kemungkinan ada satu atau lebih penyebab.

0 Komentar