Cara Sikat Gigi yang Benar! Jangan Lakukan Setelah Makan

Cara Sikat Gigi yang Benar! Jangan Lakukan Setelah Makan (ilustrasi sikat gigi)
0 Komentar

KESEHATAN – Menyikat gigi adalah salah satu cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi juga kesehatan mulut. Saking menjaga gigi tetap bersih, banyak dari orang-orang dengan kebiasaan menyikat gigi setelah makan.

Menyikat gigi usai makan tentu saja dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang ada. Akan tetapi,  perlu diketahui bahwa langsung menyikat gigi usai makan justru bisa berbahaya bagi kesehatan gigi.

Efek samping dan dampak buruk sikat gigi usai mengkonsumsi makanan yang mengandung asam, seperti jeruk atau lemon, bisa melemahkan enamel gigi.

Baca Juga:Polisi Penembak Laskar FPI Divonis Bebas, Abu Janda: Alhamdulillah Terima Kasih Pak Hakim Kalian KerenViral Pendeta Ingin Hapus 300 Ayat Al-Qur’an, Resmi Dipolisikan!

Cara Sikat Gigi yang Benar! Jangan Lakukan Setelah Makan

Enamel adalah lapisan terluar dan keras yang berfungsi untuk melindungi gigi. Pasalnya, asam pada makanan dan minuman tersebut akan mengikis enamel beserta lapisan di bawahnya yang disebut dentin.

Apabila kita langsung menyikat gigi usai makan atau minum, itu berarti akan mempercepat proses kerusakan gigi.

Hal tersebut terjadi lantaran selama makan, kadar asam bisa meningkat sehingga gigi ada dalam kondisi yang lemah.

Saat kita menggosok gigi usai mengkonsumsi makanan asam, lapisan enamel tersebut akan rusak atau terkikis, sebab dalam keadaan lemah.

Di samping itu, menurut American Dental Association (ADA), berkontak dengan asam yang terlalu lama akan menyebabkan terkikisnya lapisan keras gigi dan memicu kerusakan permanen pada gigi Anda.

Perlu diketahui bahwa, tubuh mempunyai cara alami dalam memperbaiki kadar asam di dalam mulut. Tubuh bisa mengembalikan ke tingkat pH yang normal dengan bantuan saliva (air liur).

Saliva secara alami mempunyai fungsi untuk membersihkan partikel makanan dan memperbaiki keseimbangan lapisan enamel. Akan tetapi, untuk mencegah terjadinya kerusakan pada lapisan enamel, menyikat gigi sebaiknya ditunda terlebih dahulu.

Baca Juga:Buruh Pantura Subang Deklarasikan Dukungan pada Anies BaswedanVideo Viral Pengendara Mobil Mercy Mewah Halangi Ambulans, Ngaku dari Kejaksaan?

Meskipun harus menunggu kurang lebih beberapa menit sebelum menyikat gigi, hal itu bukan menjadi alasan untuk menunda menyikat gigi sama sekali.

Akan tetapi, perlu dilakukan pembersihan secara menyeluruh untuk membersihkan gigi dari makanan atau minuman yang mengandung asam saat mengkonsumsi makanan atau minuman. (Jni)

0 Komentar