Fitur Terbaru Google, Arsip Aplikasi, Memori Android Tidak Penuh Lagi

Fitur Terbaru Google, Arsip Aplikasi, Memori Android Tidak Penuh Lagi (ilustrasi google android)
Fitur Terbaru Google, Arsip Aplikasi, Memori Android Tidak Penuh Lagi (ilustrasi google android)
0 Komentar

TEKNOLOGI – Apabila dibandingkan dengan iOS, smartphone Android bisa dibilang paling ‘rakus’ memori. Hal tersebut lantaran banyaknya aplikasi pra-install yang hadir di ponsel-ponsel Android.

Umumnya, setiap merek mempunyai aplikasi pra-instal bawaan yang terpasang di smartphone baru, walaupun aplikasi tersebut kadang tidak berguna dan justru hanya membuat ruang simpan makin penuh.

Lalu, banyak dari aplikasi tersebut tidak dapat dihapus atau di uninstall.

Baca Juga:Inilah Daftar 3 Besar Calon Kepala Dinas di 5 OPD Kabupaten SubangMakanan Sahur dan Menu Buka Puasa Untuk Penderita Diabetes!

Untuk menyikapi hal itu, Google belum lama ini, dikabarkan tengah mempersiapkan alternatif dengan merilis fitur Arsip Aplikasi.
Dalam postingan di blog resminya, Google menjelaskan aplikasi apapun yang mendukung fitur itu, dapat di-uninstall “sebagian,” dan merampingkan sekitar 60 persen penyimpanan dari aplikasi tanpa menghapus sepenuhnya. Fitur tersebut mungkin berguna untuk aplikasi Android yang jarang digunakan, namun pengguna tidak ingin menghapusnya.

Fitur itu pun akan bekerja dengan membuat jenis APK baru (Android Package) yang disebut APK yang diarsipkan (archived APKs).

Seperti dikatakan Google, APK yang diarsipkan jauh lebih kecil dan menyimpan semua data sampai pengguna memulihkannya dan mengembalikan ke ukuran aslinya, dalam hal ini ingin menggunakan kembali aplikasi.

“Setelah diluncurkan, pengarsipan akan memberikan manfaat besar bagi pengguna dan pengembang. Alih-alih mencopot pemasangan aplikasi, pengguna akan dapat (mengarsipkannya) mengosongkan ruang untuk sementara dan dapat mengaktifkan kembali aplikasi dengan cepat dan mudah,” terang Product Manager Google Lidia Gaymond dan Vicki Amin di blog resminya, dirangkum via Jawapos.

Fitur Terbaru Google, Arsip Aplikasi, Memori Android Tidak Penuh Lagi

Belum dirilis untuk publik, fitur APK yang diarsipkan akan tersedia untuk pengembang dengan rilis Bundletool 1.10.

Seperti diketahui sebelumnya, semua APK yang dihasilkan akan tersedia untuk diunduh dan diperiksa lewat Generated APKs API atau di Play Console pada App Bundle Explorer.

Secara sederhana, saat pengguna mengarsipkan sebuah aplikasi yang tidak lagi sering dipakai, Android akan meng-uninstal sebagian aplikasi tersebut. Uninstal sebagian aplikasi artinya Android tidak benar-benar menghapus aplikasi tersebut.

0 Komentar