Ikan Bakar di Buangan Cirata Jadi Favorit

Ikan Bakar di Buangan Cirata Jadi Favorit
KHAS: Menu nasi liwet dan ikan bakar menjadi menu khas sekaligus menu favorit saat munggahan di Kuliner Buangan Cirata. ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

Munggahan adalah tradisi masyarakat Jawa Barat, khususnya suku Sunda dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan yang dilakukan pada akhir syaban menjelang Ramadan.

ADAM SUMARTO, Purwakarta

Kegiatannya beragam, namun umumnya berkumpul dan makan bersama keluarga, sahabat, atau pun teman-teman, baik itu di rumah atau ramai-ramai berkunjung ke suatu tempat.

Bagi warga Purwakarta yang memilih munggahan di luar rumah, ada satu tempat favorit untuk makan bersama. Yakni, kulineran di Buangan yang lokasinya di sekitar Waduk Cirata. Tempat ini kerap menjadi rekomendasi untuk berkumpul bersama.

Baca Juga:Pembangunan Perguruan Islam Rhoma Irama di Kabupaten Karawang DimulaiIkut Vaksin Ramadan di Karawang Bisa Dapat Gratis Umroh

Adapun menu favorit di tempat ini adalah nasi liwet dan ikan bakar lengkap dengan lalapan dan sambal kecap yang dibuat dadakan. Menu ini merupakan makanan khas sejak dulu dan sudah identik dengan Cirata.

“Satu porsi lengkap isinya nasi beras 1 liter, ikan nila 1 kilogram ditambah lalapan, sambal kecap juga dadakan Rp90.000,” ujar salah seorang pemilik warung di Kuliner Buangan Cirata, Diah Agustin kepada koran ini, Senin (28/3).

Selain ikan bakar, sambungnya, ada juga menu lainnya. Di antaranya seperti ayam bakar, kepiting, sate dan lainnya. “Kami juga menyediakan menu lobster, harganya Rp200.000 per kilogram. Harganya memang bersaing namun kami jamin rasanya sepadan,” kata Diah.

Tak hanya menu khas, tempat ini juga menyuguhkan pemandangan asri yang memanjakan mata. Panorama pegunungan dan bendungan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang berkunjung. Karena memang tempat ini masuk ke wilayah PLTA Bendungan Cirata.

Salah seorang warga Purwakarta, Abdul Muit mengaku sengaja ke Buangan Cirata untuk munggahan bersama teman-temannya. “Nasi liwet dan ikan bakarnya sangat enak, suasananya juga sejuk. Saya ke sini bersama teman-teman untuk munggahan,” ucapnya.(add/ysp)

 

0 Komentar