Ramadhan Datang, Begini Buka Puasa Ala Nabi

Ramadhan Datang, Begini Buka Puasa Ala Nabi
Ramadhan Datang, Begini Buka Puasa Ala Nabi. Foto : pixabay
0 Komentar

Ramadhan – Nabi Muhammad SAW adalah uswatun hasanah atau seorang teladan yang baik bagi seluruh umat islam. Tingkah laku, tutur bicara dan sikapnya yang lembut juga penuh kasih sayang sudah sepantasnya dijadikan idola oleh setiap individu.

Kemudian, tata cara beliau dalam melaksanakan ibadah dan menjalankan perintah Allah SWT juga menjadi contoh bagi umat Islam.

Salah satunya adalah cara beliau saat berbuka puasa di bulan Ramadan. Di balik caranya yang sederhana terdapat anjuran dan banyak kebaikan yang pantas dicontoh. Berikut telah dikutip dari beautynesia.id cara buka puasa ala Rasulullah SAW.

Ramadhan Datang, Begini Buka Puasa Ala Nabi

Menyegerakan Berbuka Puasa

Baca Juga:Terbaru, Peraturan Perjalanan Mudik di Dalam NegeriBiasa Tidur Dekat dengan HP? Ini 4 Bahayanya

Rasulullah SAW kerap menyegerakan berbuka puasa setelah adzan maghrib tiba. Beliau juga menyarankan para sahabat dan juga umat Islam untuk melakukan hal demikian. Hal ini sebagaimana yang tertulis dalam hadist sebagai berikut :

Dari Sahl bin Sa’ad ra, Rasulullah SAW bersabda, Senantiasa manusia dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka” (HR. Bukhari)

Disamping, dicintai Allah SWT dan juga dilimpahkan banyak kebaikan, menyegerakan berbuka puasa juga mempunyai dampak yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah membuat tubuh berenergi, bugar dan terhindar dari gangguan lambung.

Makan Kurma Saat Buka Puasa

Menu buka puasa yang kerap dinikmati oleh Rasulullah SAW adalah kurma dan seteguk air. Hal ini sebagaimana bunyi dari hadist,

“Rasulullah SAW biasanya berbuka dengan ruthob (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob, maka beliau berbuka dengan tamer (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud)

Disamping menjadi sunnah Rasulullah SAW, kurma mengandung manfaat untuk kesehatan. Kurma dipercaya dapat mengembalikan energi tubuh dengan cepat, tidak mudah mengantuk, meningkatkan kesehatan otak, dan ampuh menangkal berbagai risiko penyakit.

Berdoa Saat Berbuka Puasa

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk berdoa setelah berbuka puasa. Alasannya, doa ini termasuk doa yang akan dikabulkan oleh Allah SWT, sebagaimana hadist riwayat Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW pernah bersabda

0 Komentar