Menkes Himbau Masyarakat Untuk Bersiap, Perpindahan Pandemi ke Endemi

Menkes Himbau Masyarakat Untuk Bersiap, Perpindahan Pandemi ke Endemi
Menkes Himbau Masyarakat Untuk Bersiap, Perpindahan Pandemi ke Endemi, Foto : pixabay
0 Komentar

Nasional – Perkembangan panedmi Covid-19 di Indonesia semakin menunjukan titik terang, hal tersebut menjadikan pemerintah memilih untuk melakukan pelonggaran sejumlah aktivitas.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, masyarakat harus bersiap untuk masa transisi dari pandemi ke endemi.

Kata Budi, kesiapan masyarakat menjadi tolak ukur penting dalam masa transisi sebelum pemerintah mengesahkan menjadi endemi.

Baca Juga:Sebelum Mudik, Begini Aturan Terkini Naik Kereta ApiLaksnakan Umroh, Dinar Candy Minta Didekatkan dengan Jodoh

Ia berharap, bahwa dengan adanya perbaikan kondisi Covid-19 ini, masyarakat makin menyadari bahwa tanggung jawab kesehatan terhadap pandemi ini ada di tangan masing-masing.

Menkes Himbau Masyarakat Untuk Bersiap, Perpindahan Pandemi ke Endemi

“Selama masyarakat semakin siap, menyadari apa yang harus dilakukan menghadapi pandemi ini, itu akan menunjukkan bahwa kita siap untuk bertransisi dari pandemi menjadi endemi nantinya,” ujarnya, Senin, 4 April 2022.

Budi menghimbau kepada masyarakat untuk secepatnya melakukan vaksinasi primer yakni dosis pertama maupun dosis kedua ataupun booster.

Alasannya, tingkat vaksinasi adalah salah satu faktor penting dalam usaha transisi dari pandemi ke endemi.

Kemudian, dengan diijinkannya mudik Lebaran 2022, Budi Gunadi berpesan kepada masyarakat, jika mereka yang telah booster tidak harus melakukan tes Covid-19.

“Jangan lupa bahwa yang belum vaksin atau vaksin baru sekali tetap harus tes PCR, yang sudah vaksin dua kali masih perlu tes antigen, dan yang sudah vaksin booster lengkap tidak perlu tes apa-apa,” jelasnya.

Sebagaimana telah dibeberkan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, seiring dengan membaiknya keadaan pandemi pemerintah memutuskan untuk melakukan keringanan kebijakan terhadap pelaku perjalanan luar negeri.

Baca Juga:Tips Bangun Tidur Mudah Saat SahurKenali Gejala Baru Covid, Akibatnya ke Telinga, Otot dan Otak

Kemudian mengijinkan pelaksanaan ibadah salat tarawih berjemaah di masjid dan mudik Lebaran. (fin/yni)

 

0 Komentar