Ampuh Atasi Anemia, Berikut Daftar Makanan Penambah Darah

Ampuh Atasi Anemia, Berikut Daftar Makanan Penambah Darah
Ampuh Atasi Anemia, Berikut Daftar Makanan Penambah Darah. Foto : pixabay
0 Komentar

Health – Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang terkena anemia, salah satunya kekurangan zat besi hingga masalah genetik (keturunan). Saat dinyatakan anemia, proses pengantaran oksigen dan nutrisi ke semua sel dan jaringan tubuh menjadi bermasalah.

Maka akan timbul berbagai keluhan, seperti mudah lelah, pusing, hingga kulit pucat. Mayoritas, beberapa makanan penambah darah bisa membantu mengatasi anemia. Apa saja makanan yang baik untuk penambah darah? Berikut daftarnya yang telah dilansir dari hallosehat.com

Tubuh membutuhkan masukan berupa vitamin, mineral, dan nutrisi tertentu dalam jumlah seimbang agar bisa terus memproduksi sel darah merah yang sehat.

Baca Juga:Pemerintah Beberkan Alasan Vaksin Booster Menjadi Syarat MudikSulit Lumpuhkan Korea Selatan, Ganda Campuran Indonesia Berikan Penjelasan

Mengonsumsi jenis makanan yang bernutrisi juga dapat mencegah kamu dari kurang darah dan dan segala penyakit yang muncul akibat anemia. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang berguna untuk penambah darah bagi seseorang yang terkena anemia.

Makanan tinggi zat besi

Makanan tinggi zat besi penting sebagai penambah darah untuk anemia. Zat besi membantu produksi hemoglobin yang dibutuhkan sel darah merah.

Makanan penambah darah dengan asupan zat gizi paling banyak bisa Anda dapatkan dari sumber hewani, seperti:

  • daging merah,
  • unggas, seperti ayam,
  • jeroan, seperti hati sapi, dan
  • makanan laut, seperti tiram dan ikan.

Zat besi yang berasal dari panganan hewani dapat diserap oleh tubuh sebanyak 70 persen. Disamping sumber hewani, kamu juga bisa mendapatkan tambahan zat besi dari sumber nabati, seperti sayuran yang berdaun hijau gelap, seperti bayam dan sawi hijau.

Makanan kaya tembaga (copper)

Makanan yang memiliki mineral tembaga adalah salah satu asupan penting untuk penambah darah. Mineral tembaga berfungsi untuk untuk membantu tubuh meningkatkan produksi sel darah merah. Ketika kadarnya rendah, tubuh menyerap zat besi dalam jumlah yang sedikit. Akibatnya produksi hemoglobin dalam sel darah merah berkurang. Kamu pun mengalami anemia defisiensi zat besi.

Makanan penambah darah yang tinggi mineral tembaga untuk orang anemia bisa didapatkan dari:

  • gandum utuh,
  • kacang-kacangan,
  • daging unggas seperti ayam dan bebek,
  • makanan laut seperti udang dan kepiting, dan
  • buah ceri dan cokelat.
0 Komentar