oleh

Demo Mahasiswa 11 April 2022, Apa Tuntutannya?

JAKARTA – Aliansi BEM Seluruh Indonesia akan akan melakukan demo mahasiswa 11 April 2022 di depan Istana Negara, Jakarta. BEM SI juga memberikan keterangan bahwa akan ada sebanyak 1.000 mahasiswa ikut serta dalam aksi ini.

Lantas, apa tuntutan demo mahasiswa 11 April 2022?

Sebanyak enam tuntutan akan disuarakan pada saat demo nanti. Salah satunya mengenai Isu penundaan pemilu, yang dimana isu pemilu ini sempat didesak pada saat 1 April kemarin.

Baca juga: Aktivis 98 Unpad Tolak Penundaan Pemilu, Jokowi Diminta Tegas

Mahasiswa meminta agar Presiden Joko Widodo bersikap tegas untuk menolak dan memberikan pertanyaan sikap terhadap penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan hingga tiga periode.

“Di sini kami bukan untuk menggulingkan (Jokowi), kami tegas bahwa mahasiswa berdiri tegak sebagai oposisi, sebagai pengawas dan pengontrol kebijakan pemerintah, karena hari ini oposisi itu lemah,” jelas Kaharuddin.

Kaharuddin juga menegaskan bahwa aksi demo ini tidak ditunggangi oleh kubu politik mana pun, tetapi murni merupakan aspirasi dari berbagai daerah yang telah diserap oleh mahasiswa untuk disampaikan kepada pihak pemerintah.

“Bisa dilihat, setiap BEM SI melakukan aksi, itu ada kajian dari tuntutan yang dibawa. Ketika ada kajian, maka tidak bisa digerakkan oleh siapa pun,” ujar Kaharuddin.

Selanjutnya, mahasiswa mendesak agar Presiden Jokowi menunda serta mengkaji ulang UU IKN (Ibu Kota Negara) termasuk adanya pasal-pasal yang bermasalah, serta dampak yang ditimbulkan dari aspek lingkungan, hukum, sosial ekologi, dan kebencanaan.

Mahasiswa akan menyinggung juga mengenai bahan pokok dan kelangkaan minyak goreng. Mahasiawa mendesak untuk pemertintah segera menstabilkan harga dan memberikan ketersediaan bahan pokok kepada masyarakat.

Selanjutnya, harapan mahasiswa kepada Presiden Jokowi dan mengusut tuntas para mafia minyak goreng serta mengevaluasi kinerja dari menteri yang terkait

Mahasiswa juga menuntut untuk penyelesaian konflik agraria. Terakhir, mahasiswa meminta presiden dan wakil presiden melakukan komitmen dalam menuntaskan janji pada saat kampanye di sisa masa jabatannya.

Di ketahui bahwa sebelumnya, para mahasiswa telah melakukan aksi massa di ring satu Istana Negara pada 1 April 2022 lalu. Sekitar 1.000 mahasiswa dari berbagai kampus melakukan long march dari Kampus Trisakti menuju Istana Negara.

(erz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 komentar