5 Manfaat Kolang Kaling Sajian Khas Ramadhan

kolang kaling
Sugar palm fruit on wooden plate on wood background.
0 Komentar

HEALTH-Buah atep atau lebih dikenal dengan nama kolang kaling, banyak dijumpai di pasar pada saat bulan suci Ramadhan. Pada hari biasa pedagang yang menjual buah kolang kaling ini tak banyak seperti di bulan puasa.

Biasanya buah kolang kaling dibuat sebagai manisan, campuran es buah, atau juga sebagai campuran kolak. Rasanya tidak lengkap jika tidak ada suguhan dari kolang kaling saat bebruka puasa tiba.

Faktanya , kolang kaling atau buah atep inj berasal dari biji pohon aren. Buahnya berbentuk pipih dan berwarna putih. Untuk mengeluarkan kolang kaling, buah aren dipanen lalu direbus untuk menghilangkan getah.

Baca Juga:Cara Membuat Es Kopyor Segar, Pilihan Tepat Untuk Berbuka PuasaResep Cumi Saus Padang Lezat dan Praktis Cocok Untuk Menu Sahur

Setelah direbus, buah dikupas dan diambil bijinya yang berupa kolang kaling. Lalu dipipihkan dengan alat dan direndam dalam larutan air kapur sirih untuk difermentasi.

Selain enak di konsumsi sebagai menu takjil, ternyata kolang kaling juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan lho. Inilah 5 manfaat kolang kaling sajian khas Ramadhan :

1. Baik Untuk Kulit
Saat panas menyengat, kolang kaling sangat baik untuk kulit. Kandungan airnya yang banyak dapat membuat badan menjadi dingin. Kulit yang kering pun dapat terbantu.

2. Mencegah Dehidrasi
Kolang kaling dapat mengobati sensasi panas dalam perut. Kandungan airnya yang banyak dapat membantu agar tubuh tetap terhidrasi. Apalagi saat bulan puasa, buah ini dapat mengisi kembali mineral dan nutrisi yang hilang.

3. Memperlancar Pencernaan
Kolang kaling dapat mengibati masalah pencernaan. Kandungan serat kasar dalam buah ini dapat membantu melancarkan pencernaan.

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Dalam buah kolang kaling mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh.

5. Mengobati Radang Sendi
Manfaat yang terakhir dari kolang kaling yaitu memiliki sifat anti analgesik yang dapat membantu meredakan penyakit radang sendi. Selain itu, kandungan galaktomannan di dalamnya juga bermanfaat mengurangi rasa sakit pada radang sendi. (cdp)

0 Komentar