oleh

Asam Lambung Naik Saat Berpuasa? Simak Ulasan Berikut Ini Untuk Mengatasinya

PASUNDANEKSPRES – Asam lambung naik saat berpuasa memang merupakan hal yang menyiksa bagi penderitanya, perasaan nyeri pada ulu hati, sakit perut dan rasa mual yang tentu saja hal ini menyiksa dan menganggu ibadah.

Lalu, bagaimana sih sebenarnya mengatasi asam lambung yang naik saat berpuasa? Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah cara mengatasi asam lambung yang naik pada saat berpuasa!

1. Hindari pikiran stress
Stress bisa menjadi pemicu utama asam lambung naik, maka dari itu kurangi stress untuk mengatasi asam lambung naik terutama pada saat berpuasa. Caranya dengan melakukan hal-hal yang disukai dan lakukan istirahat dengan cukup.

2. Rutin minum obat
Selain melakukan gaya hidup sehat, asam lambung juga bisa diatas dengan meminum obat khusus bagi penderitanya. Agar lebih aman sebaiknya pastikan konsumsi obat tersebut atas anjuran dan juga resep dari dokter.

3. Jangan melewatkan waktu sahur
Melewatkan waktu sahur hanya akan memperparah asam lambung di siang hari, hal ini dikarenakan, sahur merupakan bekal bagi Anda untuk melakukan puasa selama satu hari mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan.

4. Jangan menunda waktu buka puasa
Bagi penderita asam lambung penting bagi mereka untuk menyegerakan waktu berbuka puasa, hal ini dikarenakan, perut tentu memerlukan sesuatu untuk dicerna, hingga nantinya asam lambung yang diproduksi bisa digunakan untuk mencerna makanan.

Baca juga: Alami GERD Maia Estianty Ceritakan Pengalamannya, Berikut dengan Cara Mengatasinya

5. Makan dengan porsi kecil dan perlahan saat sahur dan buka
Salah satu faktor asam lambung naik adalah makanan yang dikonsumsi terlalu banyak, maka dari itu, penting bagi penderita asam lambung untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah porsi yang kecil pada saat sahur dan buka. Tak lupa untuk menyantap makanan tersebut dengan perlahan, karena salah satu akibat asam lambung naik karena makanan yang tidak dikunyah dengan benar.

6. Jangan langsung berbaring setelah makan
Biasanya rasa kantuk akan datang ketika sudah menyantap makan, kendati demikian, sebaiknya hindari kebiasaan langsung berbaring setelah makan. Karena idealnya, kita harus menunggu hingga 3 jam jika ingin tidur setelah makan.

7. Perbanyak minum air putih saat buka dan sahur
Minum banyak air putih saat buka dan sahur bisa mencegah dehidrasi yang secara tidak sadar menguap melalui pernapasan, berkeringan, dan buang air kecil. Setidaknya dalam semalam minum sebanyak dua liter atau delapan gelas. Selain dari air putih, cairan juga bisa diperoleh dari buah. Tak hanya itu, minum segelas susu segar ketika sahur juga baik untuk penderita gastritis dan tukak lambung. (erz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.