Asam Lambung Naik Saat Berpuasa? Simak Ulasan Berikut Ini Untuk Mengatasinya

Asam Lambung Naik
Ilustrasi asam lambung naik. (Shutterstock)
0 Komentar

PASUNDANEKSPRES – Asam lambung naik saat berpuasa memang merupakan hal yang menyiksa bagi penderitanya, perasaan nyeri pada ulu hati, sakit perut dan rasa mual yang tentu saja hal ini menyiksa dan menganggu ibadah.

Lalu, bagaimana sih sebenarnya mengatasi asam lambung yang naik saat berpuasa? Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah cara mengatasi asam lambung yang naik pada saat berpuasa!

1. Hindari pikiran stress
Stress bisa menjadi pemicu utama asam lambung naik, maka dari itu kurangi stress untuk mengatasi asam lambung naik terutama pada saat berpuasa. Caranya dengan melakukan hal-hal yang disukai dan lakukan istirahat dengan cukup.

Baca Juga:Arti Kedutan di Kelopak Mata Kiri Atas Identik Dengan Kabar BaikSopir Vanessa Angel Dipenjara Berapa Tahun? Simak Hasil Vonis Hukumannya!

2. Rutin minum obat
Selain melakukan gaya hidup sehat, asam lambung juga bisa diatas dengan meminum obat khusus bagi penderitanya. Agar lebih aman sebaiknya pastikan konsumsi obat tersebut atas anjuran dan juga resep dari dokter.

3. Jangan melewatkan waktu sahur
Melewatkan waktu sahur hanya akan memperparah asam lambung di siang hari, hal ini dikarenakan, sahur merupakan bekal bagi Anda untuk melakukan puasa selama satu hari mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan.

4. Jangan menunda waktu buka puasa
Bagi penderita asam lambung penting bagi mereka untuk menyegerakan waktu berbuka puasa, hal ini dikarenakan, perut tentu memerlukan sesuatu untuk dicerna, hingga nantinya asam lambung yang diproduksi bisa digunakan untuk mencerna makanan.

5. Makan dengan porsi kecil dan perlahan saat sahur dan buka
Salah satu faktor asam lambung naik adalah makanan yang dikonsumsi terlalu banyak, maka dari itu, penting bagi penderita asam lambung untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah porsi yang kecil pada saat sahur dan buka. Tak lupa untuk menyantap makanan tersebut dengan perlahan, karena salah satu akibat asam lambung naik karena makanan yang tidak dikunyah dengan benar.

6. Jangan langsung berbaring setelah makan
Biasanya rasa kantuk akan datang ketika sudah menyantap makan, kendati demikian, sebaiknya hindari kebiasaan langsung berbaring setelah makan. Karena idealnya, kita harus menunggu hingga 3 jam jika ingin tidur setelah makan.

0 Komentar