Osteoarthritis : Gejala dan Cara Mengobatinya

pengapuran sendi
Woman suffering from pain in knee, Injury from workout and osteoarthritis, Tendon problems and Joint inflammation on dark background.
0 Komentar

HEALTH-Oesteoarthritis adalah jenis arthritis atau radang sendi yang paling sering terjadi. Orang biasanya seringkali menyebut penyakit ini dengan nama pengapuran sendi.

Osteoarthritis adalah peradangan pada sendi yang diakbitkan oleh kerusakan tulang rawan, yaitu bantalan halus yang melindungi bagian ujung tulang. Kondisi ini kemudian dapat menimbulkan rasa nyeri atau sakit pada persendian.

Osteoarthritis atau pengapuran sendi bisa menyerang sendi bagian tubuh manapun. Biasanya ostheoarthritis sering terjadi pada tangan atau jari tangan, pinggul, lutut, serta tulang punggung.

Baca Juga:Rekomendasi Wisata Alam Untuk Self-Healing5 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Oleh karena itu, osteoarthritis umumnya ditemukan pada lansia atau diatas usia 50 tahun. Namun, pengapuran sendi ini juga bisa terjadi pada usia berapapun.

Berikut ini beberapa gejala osteoarthtitis :

– Tanda-tanda peradangan pada sendi
Area sendi yang mengalami osteoarthritis biasanyan akan terlihat bengkak dan kemerahan. Sendi tersebut juga bisa terasa nyeri atau hangat ketika disentuh.

– Nyeri sendi
Orang yang mengalami osteoarthritis umumnya akan merasakan sakit pada sendi-sendi tertentu. Rasa nyeri bisa terasa lebih parah saat sendi digerakkan atau setelahnya.

– Ada suara saat digerakan
Sendi yang telah rusak karena peradangan bisa menimbulkan suara saat digerakkan. Munculnya suara ini menandakan bahwa jaringan tulang rawan di persendian sudah tidak berfungsi dengan baik.

– Kekakuan sendi
Osteoarthritis sering kali membuat sendi menjadi kaku dan sulit digerakkan. Ketika mengalami penyakit ini, kemungkinan akan sulit bergerak saat baru bangun tidur atau setelah bersitirahat sejenak. Kekauan pada sendi tersebut bisa membuat penderitanya sulit bergerak dan beraktivitas.

Cara mengobati osteoarthritis :

Hingga saat ini osteoarthrotis masih belum bisa disembuhkan sepenuhnya. Ketika sendi dan tulang telah meradang dan rusak, fungsinya pun akan terganggu.

Meski demikian, pengobatan bisa dilakukan untuk meringankan gejala kondisi tersebut dan mengurangi kerusakan pada sendi agar tidak semakin parah.

Baca Juga:Resep Sayur Asem, Menu Masakan Untuk Berbuka PuasaWisata Gunung Tangkuban Perahu dan Sejarahnya

Pengobatan osteoarthritis juga bertujuan untuk membantu penderitanya agar bisa beraktivitas seperti biasa tanpa rasa nyeri akibat radang sendi. (cdp)

0 Komentar