oleh

Usung Konsep UFARMS, Renaldi Wakili Polsub di Tingkat Nasional Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 

SUBANG-Konsep Urban Farming Assistant Berbasis Internet Of Things (UFARMS) berhasil mengantarkan Renaldi menjadi Mahasiswa Berprestasi Politeknik Negeri Subang (Polsub).

Juri Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) terdiri dari Azhis Sholeh B., S.Pd.,M.Pd, Atika Romalasari, SP., M.Si., Fitri Handayani, S.ST.,M.Kes, dan Tri Herdiawan A, S.ST., M.T memutuskan Renaldi Noviandi sebagai Peringkat Pertama sebagai Mahasiswa Berprestasi Polsub tahun 2022 Kamis (14/4).

Keputusan ini berdasarkan pada serangkaian seleksi Pilmapres yang berlangsung sejak Senin-Kamis (11-13/4) dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Antara lain Indikator Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Prestasi dan Karya yang diunggulkan (PKYD), dan Kemampuan Berbahasa Inggris (KBI).

Renaldi pada KTI mengusung tema tentang “Urban Farming Assistant Berbasis Internet Of Things (UFARMS) Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Keluarga”.

Konsep ini tercipta karena Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) telah mengingatkan bahwa kemungkinan akan ada krisis pangan yang diakibatkan ketergantungan rantai pasok pangan di perkotaan akibat pandemi Covid-19.

“Oleh karena itu agar rantai pasokan pangan bisa bertahan di masa pandemi Covid-19 ini. Maka setiap keluarga di rumah bisa melakukan Urban Farming yang dipadukan dengan teknologi berbasis Internet of Things (IoT),” paparnya.

Renaldi menjelaskan, kegiatan seperti urban farming bercocok tanam itu bisa dilakukan secara otomatis menggunakan sistem IoT. Dengan menggunakan mikrokontroller dengan beberapa sensor untuk mendukung keakuratan dari sistem yang telah dibuat.

Jika sistem tersebut terealisasikan maka akan membantu warga perkotaan untuk melakukan urban farming. Jika warga perkotaan banyak melakukan urban farming, maka akan mendukung 1 dari 17 tujuan yang tercantum pada Sustainable Development Goals serta mendukung revolusi industri 4.0.

“Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan, dan meningkatkan gizi, serta mendorong pertanian yang berkelanjutan,” bebernya.

Renaldi selanjutnya akan mewakili Polsub dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2022 Tingkat Nasional.

Kegiatan Pilmapres merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan setiap perguruan tinggi untuk memilih mahasiswa berprestasi terbaik.

Selain Renaldi, peserta lain yang menjadi peserta Pilmapres Polsub ini di antaranya Marcella Nurbaeti (Prodi Agroindustri) sebagai juara 2. Mengusung tema “Perancangan Pusat Pengembangan Pemanfaatan Limbah Organik Di Bantargebang Kota Bekasi Sebagai Sabun Cair Eco-Enzym Untuk Menambah Nilai Ekonomi Masyarat Sekitar”.

Bagus Saliyo Putra (Prodi Keperawatan) sebagai juara 3 dengan KTI berjudul “Literature Review: Terapi Non-Farmakologi Untuk Penderita Nyeri Akibat Arthritis Gout”.

Iqbal Hammam (Prodi Pemeliharaan Mesin) sebagai juara 4 mengusung tema KTI “Pembuatan Sistem Kontrol Robot Pemindah Barang Dengan Kapasitas 200 Kg Menggunakan Smartphone”.(rls/ysp)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.