Simak! Tips Atasi Bibir Kering Saat Puasa

Simak! Tips Atasi Bibir Kering Saat Puasa
Simak! Tips Atasi Bibir Kering Saat Puasa. Ilustrasi Foto : pixabay
0 Komentar

Ragam – Masalah bibir kering saat puasa memang sangat mengganggu. Bukan hanya menggangu penampilan, keadaan tersebut juga dapat mengakibatkan rasa nyeri dan membuat kamu merasa tidak nyaman. Lalu, bagaimana cara mengatasi bibir kering saat puasa yang tepat?

Sedikitnya pemasukan cairan tubuh dan cuaca yang panas sering menjadi alasan bibir menjadi kering saat puasa.

Saat tubuh kamu megalami dehidrasi atau kekurangan air, hal ini bisa berakibat pada kesehatan kulit, termasuk permukaan kulit bibir.

Baca Juga:Kerap Cecar Jamaah Untuk Sedekah, Yusuf Mansyur Pakai Uangnya untuk Hal IniBerikut Asupan Kalori yang Dibutuhkan Saat Puasa

Tetapi, kamu jangan cemas karena ada berbagai cara mengatasi bibir kering saat puasa yang bisa dilakukan berikut ini.

Simak! Tips Atasi Bibir Kering Saat Puasa

Perbanyak minum air putih saat sahur dan buka puasa

Minum banyak air putih dapat dijadikan solusi untuk mengatasi bibir kering. Asupan air putih yang cukup dapat mencegah dehidrasi selama puasa dan membantu merawat kesehatan kulit.

Saat bulan puasa, pastikan kamu tetap memenuhi asupan air putih, paling tidak 8 gelas per hari. Termasuk saat sahur dan waktu berbuka puasa tiba. Kamu dapat memakai rumus 2-4-2, yakni 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur di malam hari.

Jangan menjilat bibir

Menjilat bibir bukan solusi yang tepat untuk mengatasi bibir kering. Diharapkan dapat melembabkan biir, namun ternyata bibir akan semakin kering karena air liur termasuk jenis cairan yang mudah kering dan menguap.

Air liur mengering itulah yang dapat mengurangi kelembapan bibir dan menarik cairan dari permukaan bibir. Akibatnya, bibir bisa menjadi pecah-pecah.

Oleskan pelembap bibir

Pemakaian pelembab pada bibir dapat dijadikan solusi. Tetapi, perlu diketahui bahwa tidak sembarang jenis lip balm dapat melembapkan bibir.  Salah satu produk pelembap bibir yang bisa digunakan adalah petroleum jelly.

Manfaat mengoleskan petroleum jelly secara rutin dapat melembapkan sekaligus membuat bibir kering dan pecah-pecah tampak lebih halus. Hal ini karena petroleum jelly bekerja dengan mengunci air pada bibir dengan lebih lama.

Baca Juga:Sebentar Lagi Mudik, Tiket Pesawat di Travel Agent Kota Bekasi Belum RamaiMana yang Lebih Bagus, Berbuka Puasa dengan yang Manis atau Air Putih?

Kemudian, menurut American Academy of Dermatology, kamu juga bisa memakai pelembab bibir yang memiliki kandungan lanolin, baeswax, dimethicone, minyak mineral, shea butter, petrolatum, hyalunoric acid, dan Vitamin E.

0 Komentar