Deretan Makanan Indonesia yang Populer di Luar Negeri

Deretan Makanan Indonesia yang Populer di Luar Negeri
Deretan Makanan Indonesia yang Populer di Luar Negeri. Ilustrasi Foto : pixabay
0 Komentar

Food & Traveling – Indonesia terkenal akan berbagai kulinernya yang beraneka ragam. Nyaris setiap daerahnya memiliki jenis makanan dengan ciri khasnya masing-masing dengan rasa dan aroma yang menggiurkan.

Uniknya, jenis makanan berikut ini juga ternyata digemari masyarakat di luar negeri.

Deretan Makanan Indonesia yang Populer di Luar Negeri

Rendang

Rendang merupakan makanan khas dari Sumatera Barat. Irisan daging sapi yang dimasak dengan rempah khas padang yang gurih.

Baca Juga:Hati-hati, Ini Akibatnya Jika Anak Terlalu Lama Menonton TelevisiIbu Mengandung Kekurangan Vitamin B12, Akibatnya Sampai ke Calon Bayi

Terdapat dua cara pemasakan daging sapi yang kaya akan rempah ini. Untuk memasak rendang, dibutuhkan waktu minimal 4 jam untuk menjadikan daging rendang berwarna hitam gelap dan bumbu mengering seperti dedak.

Rendang yang dimasak dalam waktu sebentar dengan santan yang masih mengental disebut kalio, teksur kuah masih kental dan daging tidak begitu kering.

Sate

Sate merupakan makanan khas indonesia. Bahan dasarnya adalah daging ayam, sapi, kambing, kelinci, ataupun kerbau sebagai bahan bakunya.

Uniknya, setiap pulau memiliki sate dengan jenis yang berbeda- beda. Mulai dari Sate Padang dari Minangkabau, Sate Madura, Sate Tegal, Sate Klathak, Sate Lilit, Sate Ponorogo, Sate Ambal, dan Sate Buntal.

Yang menjadikan ciri dari masing-masing sate tersebut adalah cara pemilihan daging dan saus penambahnya. Sate sangat cocok dihidangkan dengan nasi putih atau lontong, acar timun serta kerupuk.

Bakso 

Bakso adalah olahan dari daging sapi yang dihaluskan, dicampur dengan bumbu halus, tepung terigu, dan penyedap rasa. Adonan tersebut dibentuk bola lalu direbus hingga matang.

Bakso dihidangkan bersama kuah kaldu sapi beserta tambahan mie kuning, bihun, tahu bakso, dan rajangan daun seledri.

Baca Juga:Polri Sediakan 2.702 Posko dan Siapkan 144.392 Personel, Tertibkan Mudik LebaranPresiden Minta Buka Jalur Penerbangan Jakarta-Sumenep, Dijamin Penuh

Kini bakso telah banyak dimodifikasi seperti bakso keju, bakso rawit, bakso beranak, bakso telur, hingga bakso yang ukuran jumbo.

0 Komentar