Ibu Mengandung Kekurangan Vitamin B12, Akibatnya Sampai ke Calon Bayi

Ibu Mengandung Kekurangan Vitamin B12, Akibatnya Sampai ke Calon Bayi
Ibu Mengandung Kekurangan Vitamin B12, Akibatnya Sampai ke Calon Bayi. Ilustrasi Foto : pixabay
0 Komentar

Health – Sebuah penelitian mengingatkan calon ibu tentang bahaya kekurangan vitamin B12 saat mengandung.

Menurut studi, ibu hamil yang kekurangan vitamin B12 saat mengandung, akan mempengaruhi keadaan sang bayi di kemudian hari.

Pengaruh defisiensi vitamin B12 ini menurut studi itu, meningkatkan risiko bayi yang lahir, terkena diabetes di kemudian hari.

Baca Juga:Polri Sediakan 2.702 Posko dan Siapkan 144.392 Personel, Tertibkan Mudik LebaranPresiden Minta Buka Jalur Penerbangan Jakarta-Sumenep, Dijamin Penuh

Ibu Mengandung Kekurangan Vitamin B12, Akibatnya Sampai ke Calon Bayi

Bukan hanya diabetes, dampaknya juga disebut mengenai dengan gangguan metabolik lainnya.

Temuan studi yang dilakukan para ahli dari University of Warwick Medical School tersebut, diungkap pada ajang Society for Endocrinology 2016 lalu.

Disamping itu menurut NIH, vitamin B12 mempunyai peran penting dalam mengatur kerja tubuh, di antaranya fungsi neurologis, pembentukan sel darah merah, dan DNA sintesis.

Maka, para ahli menghimbau ibu hamil untuk menjaga asupan gizi mereka, dengan rekomendasi sekitar 2,6 mikrogram vitamin B12 pada masa mengandung dan 2,8 mikrogram pada masa menyusui.

Ada pun penyebabnya mengapa anak yang lahir dari ibu yang kekurangan vitamin B12, adalah diakibatkan oleh obesitas si anak saat tumbuh besar nanti.

Meski tidak berbobot besar, tetapi memiliki peluang bermasalah dengan kolesterol tinggi di kemudian hari.

Pada mereka yang berbadan besar, potensi mengalami resistensi insulin, penyebab diabetes melitus, adalah efeknya. Demikian seperti dilansir Medical News Today.

Baca Juga:Simak, Hubungan antara Migrain dan PerceraianBerkendara Saat Mudik, Begini Doanya

Daftar Makanan yang Pantang Dikonsumsi Ibu Hamil

Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang pantang dikonsumsi oleh wanita hamil seperti dikutip dari Healthline:

1. Ikan tinggi kandungan merkuri

Wanita hamil disarankan untuk membatasi konsumsi ikannya, satu hingga dua kali dalam sebulan. Beberapa jenis ikan dengan kandungan merkuri tinggi ditemukan pada beberapa jenis ikan seperti king mackerel dan tuna. Harus diingat, tidak semua ikan tinggi akan merkuri, hanya beberapa jenis saja.

2. Ikan mentah atau setengah matang

Ikan mentah, khususnya jenis shellfish, udang, remis, kepiting dan kerang dapat menimbulkan beberapa jenis infeksi yang diakibatkan oleh norovirus, Vibrio, Salmonella, Listeria dan parasit. Infeksi ini biasanya hanya terdampak pada sang ibu, menyebabkan gehidrasi dan tubuh melemah.

0 Komentar