4 Menu Kuliner Favorite R.A Kartini yang Wajib Dicicipi Milenial

makanan favorite r.a kartini
0 Komentar

FOOD-Memasak merupakan salah satu kegemaran R.A Kartini. Tokoh pahlawan yang memperjuangkan kesetaraan kaum peremluan ini memasak untuk diplomasi dan untuk menunjukkan peradaban Jawa di mata Belanda.

Dalam hal memasak, resep makanan paling terkenal dari Kartini adalah Sup Pangsit Jepara dan Ayam Besengek. Tak hanya memasak, R.A Kartini ternyata juga suka dunia kuliner.

Meski tidak ala hangout memburu kuliner ke tempatnya seperti milenial saat ini, R.A Kartini suka juga makanan di luar Jawa.

Baca Juga:Inilah 4 Ide Kegiatan Dalam Rangka Memperingati Hari KartiniMakna Cantik Bagi Wanita

Suryatini N. Genie, putri dari salah satu saudara Kartini pun akhirnya menulis buku resep berjudul Kisah dan Kumpulan Resep Putri Jepara yang memuat makanan favorite Kartini.

Berikut ini 4 menu kuliner favorite R.A Kartini yang wajib dicicipi milenial :

1. Ayam Besengek
Kuliner yang satu ini khas Jepara yang menjadi kota kelahiran R.A Kartini. Ayam Besengek ini adalah ayam panggang yang dimasak dengan remoah, sperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabe merah, ketumbar, jinten,terasi, air asam jawa, gula merah, daun jerek, sereh dan santan.

2. Sup Pangsit Jepara
Menu kuliner yang satu ini dalam banyak literatur menjadi menu andalan Kartini. Menu ini memiliki pengaruh etnis Tionghoa dalam sejarah pembuatannya. Isinya merupakan perpaduan antara sup ayam dan seafood, rasanya enak dan segar.

3. Nasi Bogana
Nasi Bogana adalah nasi dengan lauk ayam suwir, telur pindang, dan serundeng yang rasanya khas banget. Perpaduan antara kelapa dengan daging, sehingga menyerupai abon. Biasanya, makanan ini dimodigikasikan dengan sambal goreng ati ampela atau udang.

4. Nasi Liwet Ayam
Selain suka menyantapnya, Kartinj ternyata juga suka memasak Nasi Liwet. Nasi Liwet Jawa atau Solo rasanya lebih gurih dan disajikan dengan siraman sayur labu dan toping ayam suwir, tahu, telur, dan areh alias aantan kental, serta telur tim yang jadi ikonik makanan ini. (cdp)

0 Komentar